Selasa , 20 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Pantai » Pantai Samas Yogyakarta

Pantai Samas Yogyakarta

Pantai SamasPantai Samas Yogyakarta terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, sekitar 14 (empat belas) kilometer arah selatan Kota Bantul. Anda dapat menuju ke arah barat daya kurang lebih sejauh 35 (tiga puluh lima) kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Akses jalan menuju pantai ini cukup mudah untuk dicapai dengan kendaraan, baik pribadi maupun umum, karena prasarana jalan telah dibangun dengan baik. Perjalanan pun cukup menyenangkan karena melewati bentangan sawah yang menghijau dan banyak pohon kelapa di pinggir jalan.

Baca Juga : Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Samas ini terkenal dengan keindahan pantainya yang disertai dengan angin kencang, ombak laut yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga yang digunakan untuk pengembangan ikan dan udang galah. Namun perlu diperhatikan bentukan bibir pantai yang agak curam dan ombaknya yang besar, tidak disarankan untuk mandi di pantai Samas ini, karena cukup bahaya.

Destinasi Wisata Pantai Samas Yogyakarta Beserta Info Masuknya

Pantai yang terkenal dengan keindahan pantainya ini memiliki keunikan tersendiri. Lalu dimanakah letak keunikannya? Berikut penjelasannya beserta info masuk ke pantai ini.

  1. Keindahan Pantai Samas

Pantai Samas ini memang terkenal akan keelokan dan keindahan pemandangan pantainya. Meski sempat diguncang tsunami kecil pada tahun 2006, tetap saja banyak wisatawan berkunjung kesini dan tidak takut untuk berlibur ke pantai ini.

Di area muara pantai, Anda bisa melihat pengembangan ikan dan juga budidaya udang galah yang dilakukan oleh Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY. Akan tetapi perlu diperhatikan disekitar bibir pantai yang memiliki lahan dan kontur agak curam. Oleh sebab itu Anda tidak diperbolehkan berenang dan mandi di sekitar pantai ini. Beberapa upacara adat juga dilakukan di Pantai Samas ini seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya (saat liburan dan lebaran).

  1. Pesona Mercusuar Di Pantai Samas

Selain keindahan pantainya yang sangat menggoda, Anda juga bisa menikmati keindahan pantainya dengan menaiki Mercusuar Patehan. Tentu saja Mercusuar ini bisa menjadi salah satu daya tarik dan juga tempat untuk berfoto para wisatawan.

  1. Menilik Konservasi Penyu

Disini para wisatawan juga bisa melihat area konservasi penyu-penyu. Tentu hal ini bisa menambah wawasan dan edukasi bagi wisatawan  mengenai kehidupan dan penangkaran penyu. Beruntungnya lagi jika para turis diberi kesempatan untuk melepas penyu-penyu tersebut ke laut. Pasalnya tidak setiap hari di kawasan wisata konservasi ini bisa melepaskan penyu. Hanya disaat saat tertentu saja.

  1. Menikmati Keindahan Pengklik

Di Pantai Samas ini terdapat kawasan wisata yang tak kalah indah dan menarik pemandangan pantainya, namanya Pengklik. Di kawasan wisata Pengklik ini Anda bisa menikmati keindahan laguna air yang terbentuk akibat adanya pertemuan dua sungai yang berada di sekitar pantai. Area penglik ini terjadi akibat kejadian alamiah. Di sinilah Anda bisa menikmati aneka kuliner apung, perahu serta tempat untuk memancing.

Salah satu pesona yang dimiliki Pengklik yaitu gardu pandang. Di gardu pandang ini, Anda bisa menikmati keindahan panorama yang tentu bisa menyejukkan mata. Kawasan wisata ini juga merupakan tempat yang pas untuk Anda yang hobi fotografi, baik itu foto panorama maupun selfie.

  1. Tiket Masuk Pantai Samas

Untuk tiket masuk tempat wisata per orang  Rp. 4.000

Tiket Parkir Bus    : Rp. 15.000,-

Tiket Parkir Mobil  : Rp. 5000,-

Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,-

  1. Fasilitas Wisata Pantai Samas Yogyakarta

Toilet , retribusi Rp.2000,-

Mushola

Warung Makan

Tempat pakir luas

Hiburan

SAR

Penginapan

 

oke sampai disini dulu untuk pembahasan tentang pantai samas di yogyakarta, dan untuk informasi tambahan, jika saat ini anda sedang berada di batu dan sedang mencari penginapan di batu murah anda bisa mengunjungi link yang sudah saya cantumkan dan dan untuk anda yang berada di bali dan sedang mencari bali tour muslim anda juga bisa mengunjungi website resminya di balibintangtrips.com. oke sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, jangan lupa untuk terus berkunjung ke website ini untuk mendapatkan update terbaru

Check Also

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit Kabupaten Gunungkidul memang menjadi pusat destinasi pantai, karena memang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »