Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Pantai » Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Goa Cemara Yogyakarta

Pantai Goa CemaraAnda sedang ke Yogyakarta, dan sedang berkunjung ke Bantul, ingin ke Pantai namun bosan dengan pantai Parangtritis? Tenang, ada satu wisata pantai hits di Bantul yang tak kalah romantis dengan Parangtritis. Yap, inilah Pantai Goa Cemara. Dari namanya Anda sudah pasti bisa menebak apa saja yang ada disana. Penasaran? Yuk stay tune.

Baca juga : Desa Wisata Boro Kulon Progo

Pesona Alami Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Jogja memang tak kehabisan tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Pantai Goa Cemara ini. Sebenarnya pantai ini tergolong pantai yang masih baru dan diharapkan dapat menjadi magnet wisata bagi Kabupaten Bantul selain Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir. Seperti halnya pantai-pantai di pesisir selatan Bantul, Goa Cemara memang tak ada bedanya dengan pantai lain. Namun, akan sangat disayangkan kalau Anda melewatkan pantai yang satu ini. Seperti apa saja pesona romantisme pantai ini? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Lokasi Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara terletak di Desa Patehan, Kecamatan Gadingsari, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jika ditarik garis lurus dari Pantai Parangtritis, Pantai ini terletak 4 Kilometer sebelah barat Pantai  Parangtritis. Goa Cemara seperti pantai lainnya yang menghadap ke pesisir laut selatan,  Goa Cemara memiliki semua karakteristik pantai laut selatan pasir yang hitam, angin yang kencang dan ombak yang ganas.

  1. Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Dari Kota Yogyakarta, Anda hanya perlu mengambil rute menuju Bantul. Sampai di perempatan Palbapang belok kanan. Sampai di perempatan kedua, belok kiri kemudian lurus sampai menemukan papan penunjuk arah Pantai Goa Cemara. Pantai Goa Cemara berada sangat dekat dengan jalan raya dan terlihat dari tepi jalan raya.

  1. Hutan Cemara Sepanjang Pantai

Ini juga yang menjadi asal muasal nama pantai ini. Sepanjang pantai banyak ditumbuhi pohon cemara udang. Pantai ini sebelumnya dirawat dan dikelola oleh masyarakat sekitar yang sebagian besar adalah nelayan udang. Ini adalah usaha penduduk untuk menciptakan semacam pemecah angin untuk mengurangi pengikisan pasir pantai. Oleh karenanya dipilihlah pohon cemara udang. Dan karena ditanam berdekatan sampai terbentuklah deretan cemara seperti mulut gua, jadilah dinamakan Pantai Goa Cemara.

  1. Mercusuar di Tepi Pantai

Mercusuar yang berdiri tepat di tepi pantai seakan menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung. Dan kabar baiknya, mercusuar ini juga dibuka untuk umum. Namun, untuk naik ke atas dibatasi dua pengunjung sekali naik. Anda bisa menyaksikan pemandangan dengan bebas dan tentunya berselfie ria.

  1. Fasilitas Pantai

Di sekitar pantai sudah banyak warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Serta mushola di perkampungan penduduk sehingga tak perlu takut meninggalkan sholat saat berlibur.

  1. Proyek PLTB

Masyarakat disini sadar akan anugerah embusan angin yang kencang menerpa pantai Goa Cemara, oleh karena itu, pada tahun 2016 disini mulai didirikan proyek PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin) berkapasitas 50 MW yang sudah mulai beroperasi pada tahun 2017.

  1. Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Karena baru dibuka secara swadaya oleh penduduk setempat dan komunitas pemuda sadar wisata serta bekerjasama dengan pihak perhutani, maka pengunjung tidak dikenakan tarif sepeser pun kecuali tarif parkir kendaraan.

Khusus untuk harga tiket naik mercusuar dikenakan biaya 5000 rupiah untuk dua orang pengunjung. Di pantai ini juga bisa dijadikan spot foto yang ciamik. Namun tetap perhatikan kelestarian pantai yang masih alami ini demi kebaikan bersama. Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak fasilitas umu. Selamat berpetualang. sampai disini dulu untuk perjumpaan kita kali ini, jangan lupa untuk terus berkunjung ke website ini, dan jika saat ini anda sedang ada di wilayah bandung anda juga bisa sewa mobil di bandung sehingga anda bisa sangat mudah untuk berkeliling kota bandung, dan untuk anda yang berada di wilayah lombok, anda juga bisa sewa mobil lombok. oke sampai disini dulu artikel kami, jangan lupa untuk terus berkunjung

Check Also

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit Kabupaten Gunungkidul memang menjadi pusat destinasi pantai, karena memang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »