Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Makanan Khas » Agrowisata Salak Pondoh Khas Sleman

Agrowisata Salak Pondoh Khas Sleman

Agrowisata Salak Pondoh Khas Sleman

agrowisata salak pondohBuah salak menjadi buah favorit bagi sebagian orang, yaitu buah salak dengan jenis salak pondoh. Salak Pondoh memiliki daging yang tebal dan rasanya manis, buah ini banyak di temukan di kabupaten Sleman, Yogyakarta sehingga dijadikan buah  khas / oleh-oleh Sleman. Jika anda ingin menikmati sensasi memetik buah salak langsung dari kebunnya anda dapat berkunjung ke Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto. Agrowisata salak pondoh bangunkerto berada di dusun Gadung, Bangun Kerto, Turi, Sleman. Di Agrowisata ini udaranya sejuk karena berada di bawah kaki Gunung Merapi. Buka dari jam 08.00 – 18.00. Membutuhkan waktu sekitar 50 menit dari pusat kota untuk menuju agrowisata salak.

Cukup dengan membayar Rp. 3.000 / orang anda dapat memasuki area agrowisata salak pondoh bangunkerto, atau dengan Rp. 10.000 / orang anda sudah dapat memasuki area agrowisata plus dapat memetik buah salak pondoh dan memakannya sepuasnya di area kebun salak. Jika sudah keluar dari kebun salak anda ingin membawa pulang salak sebagai oleh-oleh anda dikenakan biaya sebesar Rp. 7.000 – Rp. 10.000 / kg salak.

Di agrowisata

salak ini anda akan dipandu oleh pengelola agrowisata untuk berkeliling ke kebun salak dan diberi pengetahuan mengenai bagaimana cara membudidayakan tanaman salak. Tanaman salak berbentuk seperti tanaman kelapa sawit. Buah salak sendiri berbentuk bulat lonjong berwarna kecoklatan, memiliki duri dan isi atau kenthos (orang jawa menyebutnya). Ada sekitar 17 jenis salak yang di tanam di lahan sekitar 27ha. Jenis salak tersebut seperti salak pondoh super, salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak bali, salak manggala, salak semeru, salak gading dan jenis lainnya. Selain tanaman salak terdapat tanaman obat-obatan seperti temulawak, jahe, kencur, dan lain-lain.

Selain di argowisata salak Bangunkerto anda juga dapat membeli salak di sepanjang jalan Turi- Tempel, biasanya ibu-ibu berjualan dipinggir jalan dengan tenda – tenda kecil.

Ternyata salak pondoh memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, yaitu seperti menyehatkan pengelihatan, sebagai anti kanker, mengobati diare, membantu proses ider, meningkatkan imun tubuh, baik untuk iby hamil &janin, menghilangkan stress, sumber energi, menyehatkan usus, mecegah osteoporosis, menjaga kesehatan lambung & jantung, menghindari anemia, sebagai antikoksidan dan menyegarkan otak.

 

Baca juga : Geblek Tempe Benguk Khas Kulon Progo

 

Check Also

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding Gudeg Manggar Manding – Kota Yogyakarta selain disebut sebagai kota pelajar, kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »