Minggu , 19 Agustus 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Makanan Khas » Geblek Tempe Benguk Khas KP

Geblek Tempe Benguk Khas KP

Geblek Tempe Benguk Khas KP (Kulon Progo)

geblek tempe benguk khas kpKabupaten Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang berada di barat Sungai Progo. Kabupaten Kulonprogo memiliki wisata alam ungguan seperti Kalibiru, Waduk sermo, Air Terjun Kedung Pedut, Kebun Teh Nglingo, dll. Jika berkunjung disalah satu daerah kurang lengkap jika tidak mnecicipi makanan khas dari daerah tersebut. Di Kabupaten Kulonprogo sendiri memiliki makanan khas yaitu geblek tempe benguk. Geblek merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung kanji/ tepung tapioka yang telah dibumbui dengan bawang putih dan garam. Banyak orang yang bilang jika geblek seperti cireng karena sama-sama berbahan dasar tepung tapioka. Tetapi geblek dan cireng memiliki beberapa perbedaan seperti, geblek berbentuk bulat seperti angka 8, berwarna putih bersih, sedangkan cireng  berbentuk bulat pipih. Rasa dari geblek hanya ada original yaitu asin gurih, sedangkan cireng memiliki beberapa rasa atau isian.

Geblek lebih enak disantap saat masih hangat, karena kalo sudah dingin geblek akan menjadi keras dan alot. Biasanya saat menyantap geblek lebih enak ditemani tempe benguk. Tempe benguk disajiikan di goreng  dengan menggunakan tepung seperti mendoan atau disengek (dimasak dengan santan). Tempe benguk seperti tempe biasa tetapi terbuat dari kara benguk, kara benguk seperti kedelai namun ukurannya lebih besar. Proses pembuatan tempe benguk hampir sama dengan tempe kedelai. Benguk direndam selama 2 hari untuk menghilangkan bau apek, setelah itu kulit arinya dihilangkan sampai bersih jika tidak akan berasa kasar dan asam. Kemudian di rebus sampai matang, setelah matang ditiriskan sampai kering baru diberi ragi. Benguk yang sudah diberi ragi dibungkus dengan daun jati atau pelepah batang pisang. Butuh waktu 2 hari 2 malam untuk menjadi tempe benguk.

Jadi jika kalian berkunjung ke Kulon Progo jangan lupa mampir untuk mencicipi Geblek dan Tempe Benguk. Biasanya para pedagang berjualan dipinggir jalan raya atau di dekat obyek wisata. Beberapa pedagang juga menyediakan geblek yang belom digoreng yang dapat dijadikan oleh-oleh. Meski tanpa pengawet geblek dapat tahan selama 4 hari. Harganya murah dan terjangkau.

 

Cek Paket Wisata Jogja

 

Check Also

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding Gudeg Manggar Manding – Kota Yogyakarta selain disebut sebagai kota pelajar, kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »