Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai Nglambor Gunungkidul

Asyiknya Snorkeling di Pantai Nglamborpantai nglambor

Sepanjang garis pantai di Gunungkidul terdapat pantai-pantai yang indah berjejeran. Pantai Gunungkidul memiliki ciri khas berpasir putih. Ganasnya ombak di pantai selatan pulau Jawa tidak berlaku untuk pantai Nglambor. Dua batu karang besar yang dinamakan Watu Kuntul dan Watu Kalong berdiri kaku di bibir laut samudera Hindia menjadi penghalang ombak yang menerjang pantai Nglambor. Sisa ombak merangkak ke garis pantai yang melengkung ke daratan membentuk laguna dangkal yang cukup luas dengan terumbu karang dan biota laut yang cukup beragam.

Pantai Nglambor terletak di desa Purwodadi kecamatan Tepus Gunungkidul, sekitar 70 km arah tenggara dari kota Yogyakarta. Pantai Siung dan pantai Jogan menjadi pengapit pantai Nglambor yang terkenal dengan wisata snorkelingnya. Kendaraan roda 4 hanya bisa berhenti dan parkir di pinggir jalan raya saja. Dari jalan raya menuju ke pantai bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 2, atau berjalan kaki sekitar 1 km. Jika anda tidak mau capek, ojek pun bersedia mengantar anda sampai ke lokasi pantai.

Pantai Nglambor adalah pantai pertama di Gunungkidul yang menawarkan paket wisata snorkeling. Waktu yang paling pas berkunjung ke pantai ini pada waktu pagi atau sore hari dimana permukaan air laut sedang di tengah (tidak terlalu dangkal ataupun dalam). Uang sebesar IDR 5.000 cukup anda sediakan untuk menebus tiket masuk. Sewa peralatan snorkeling sebesar IDR 50.000 jika anda ingin melihat biota laut sebagai point of interest di pantai Nglambor. Dua operator lokal siap menjadi provider peralatan snorkeling yaitu kacamata selam, pelampung dan sepatu karet.

 

Siapkan fisik dan kewaspadaan ketika anda asyik menyelam karena ombak kecil akan menghempaskan anda kembali ke bibir pantai. Petugas pantai akan selalu siap mengawasi dan mengingatkan kita sehingga kegiatan snorkeling akan terasa aman dan tidak membahayakan. Jika berkunjung pada sore hari dan masih mempunyai waktu luang, sempatkan untuk mampir di pantai Jogan sembari menikmati matahari terbenam disana. j

Courtesy picture: IG @emamae

Check Also

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit Kabupaten Gunungkidul memang menjadi pusat destinasi pantai, karena memang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »