Minggu , 19 Agustus 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Rumah Makan » Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

mangut lele mbah martoDaerah Istimewa Yogyakarta sering disebut sebagai kota Pariwisata, karena di Jogja terdapat paket wisata yang lengkap. Mulai dari wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner. Kuliner di Jogja sangat beragam, yang paling terkenal adalah kuliner yang bernuansa tradisioanal. Tradisional dari segi menu makanannya, bangunan dan suasananya yang mengambarkan Jogja yang tenang, nyaman, dan ngangenin. Salah satu wisata kuliner yang wajib anda coba saat mengunjungi kota Jogja selain gudeg adalah Mangut lele Mbah Marto.

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Biasanya lele di masak dengan cara digoreng atau di bakar. Namun ditangan mbah Marto ikan lele ini dioleh menjadi mangut lele yang lezat. Mangut lele mbah marto lelenya diasap terlebih dahulu kemudian diberi bumbu rempah-rempah. Bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, gula, kunyit, jahe, lengkuas dan tidak lupa cabe yang banyak karena mangut lele mbah marto terkenal dengan pedas. Bumbu tersebut kemudian dihaluskan dimasak bersama lele asap kemudian diberi santan. Mbah marto memasak mangut lele dalam wajan besar diatas tungku dengan kayu bakar selama 4 jam. Jadi daging lelenya lembut, bumbunya meresap dan tidak amis.

mangut lele mbah marto

Warung Mangut lele mbah Marto berada di dalam perkampungan jauh dari pusat Kota Jogja. Berada di daerah Bantul belakang Kampus ISI (Institu Seni Indonesia) Jalan Parangtritis Km 6,5 Sewon, Kabupaten Bantul. Lebih tepatnya di Dusun Ngireng-Ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Walau warungnya berada di tengah kampung namun warung mangut lele ini selalu rame. Tak sedikit orang yang rela tersesat untuk mencari warung mangut lele mbah Marto demi mencicipi mangut lele yang lezat.

Warung mangut lele mbah marto bukan seperti warung pada umumnya, Mbah Marto menggunakan rumahnya sendiri sebagai warung makan. Semua menu makanan seperti mangut lele, gudeg, krecek, opor ayam kampung, garang asem, dll di sajikan diatas amben (semacam meja dari bilah-bilah bambu). Pelanggan dipersilahkan untuk mengambil sendiri makananya, kemudian juga memilih sendiri tempat untuk makan. Bisa diruang tamu, ruang tengah atau di teras sudah disediakan meja dan kursi. Harga sepaket nasi, manggut lele dan sayur plus minum dihargai Rp. 30.000. Harga yang murah dan makanan yang enak.

 

 

Baca juga : Mie Ayam Tumini

Check Also

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding Gudeg Manggar Manding – Kota Yogyakarta selain disebut sebagai kota pelajar, kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป