Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Candi » Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta

candi kalasanCandi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan – Sejak zaman dahulu, Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan sebutan daerah istimewa. Salah satu keistimewaan Yogyakarta adalah nilai nilai sejarahnya. Di daerah tersebut banyak  terdapat beberapa peninggalan bersejarah. mulai dari keraton, benteng, hingga candi-candi yang masih tetap terjaga kelestariannya. Adapun berbagai macam candi seperti  candi prambanan, candi ijo, candi sambisari, candi Gebang, candi Garong, candi Banyunibo, hingga candi kalasan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai candi kalasan, mulai dari sejarah candi hingga potensi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasannya

Baca Juga : Candi Kalasan Yogyakarta

  1. Sejarah Candi Kalasan

Menurut prasasti yang ditemukan, candi kalasan didirikan pada tahun 778 M oleh putra raja kerajaan Mataram hindu yaitu Tejapurnama Panangkarana atau sering disebut Rakai Panangkaran sebelum dirinya diangkat menjadi raja.

bangunan yang berada di jalan Solo dan berbentuk persegi ini juga merupakan candi umat budha tertua di Yogyakarta.

  1. Keunikan Dari Candi

Selain digunakan sebagai tempat beribadah umat Budha, candi ini juga dijadikan lokasi wisata sejarah dan cagar budaya.  Meskipun kondisinya saat ini banyak arca yang mengalami kerusakan, namun masih banyak wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya.

Yang menarik dari tempat ini adalah adanya relung-relung pada sisi kanan dan kiri pintu masuk candi. Relung tersebut berupa dewa  dengan posisi berdiri dan memegang bunga teratai serta pohon dewata diatasnya. Ada pula ukiran yang menggambarkan penghuni kahyangan.

  1. Tiket Masuk Ke Candi Kalasan

Berbeda dengan harga tiket masuk candi Prambanan yang tidak jauh dari lokasi candi kalasan, harga tiket untuk memasuki candi ini jauh lebih murah. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp2000 untuk sekali masuk. Candi ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

  1. Wisata Peninggalan Bersejarah Di Sekitar Candi Kalasan

Selain Candi Kalasan, ternyata tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat bangunan peninggalan sejarah lainnya. Diantaranya Candi prambanan, Candi Sewu, Candi Sari, Candi Sambisari, Candi gebang, Candi Barong dan Candi banyunibo.

  1. Aktifitas Yang Dapat Di lakukan Di Area Candi Kalasan

Candi Kalasan merupakan tempat beribadah umat buddha, selain itu tempat ini sering dijadikan tempat wisata. Mulai dari tempat study tour dengan sejarahnya, wisata keluarga, hingga bisa dijadikan tempat menghabiskan libur akhir pekan. Memiliki Pemandangan yang indah ditambah spot yang menarik, tempat ini sering dijadikan lokasi berfoto ria terlebih dengan adanya view gunung Merapi disebelah utara menjadikan candi ini semakin menarik.

     6. Lokasi

Lokasi candi ini berada di desa Kalasan, kabupaten Sleman provinsi Yogyakarta, Indonesia. Tepatnya berada disebelah jalan raya Jogja-Solo, dan tidak jauh dari candi Prambanan, kurang lebih sekita  2 KM. Jadi sangatlah mudah utuk dijangkau.

     7. Rute menuju

Rute menuju tempat ini sangatlah mudah. Bila anda berada di pusat kota Yogyakarta menggunakan mobil pribadi, anda bisa menuju kearah timur menuju jalan Jogja-solo, Tempatnya berada disebelah jalan raya.Bila anda menggunakan transportasi umum, anda bisa ambil rute bus umum jurusan Jogja-Solo dari janti dan berhenti disisi jalan kemudian diteruskan dengan jalan kaki langsung menuju lokasi candi.

Jangan lewatkan destinasi wisata bersejarah candi kalasan ini, karena wisata Jogja satu ini sangat sayang untuk lewatkan. Apalagi saat anda sedang berlibur di Yogyakarta. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga  kebersihan lingkungan. Agar tetap menjaga kelestarian candi tetap bersih dan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

 untuk anda yang sedang mencari mobil di lombok untuk dipakai wisata, anda bisa rental mobil di lombok dengan harga murah, dan untuk anda yang sedang wisata di bali, anda juga bisa memesan paket wisata bali.

Check Also

Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong Yogyakarta Jogja, mendengar kata tersebut, pikiran kita pasti akan langsung membayangkan tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »