Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Outbound » Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal yang Unik di Kulon Progotaman sungai mudal

Ada satu tempat wisata baru yang unik di daerah Kulonprogo, tepatnya di bukit Menoreh dusun Banyunganti desa Jatimulyo kecamatan Girimulyo bernama Taman Sungai Mudal. Taman ini memiliki gua yang menjadi sumber mata air, 1 air terjun dan beberapa kolam yang dibuat sangat alami sekali. Yang menjadi keunikan taman ini adalah berada di tebing atau lereng yang menyerupai kelir (layar) pada pertunjukan wayang kulit. Sumber mata air yang keluar dari gua mengalir membentuk menjadi sungai Kembang Soka degan air terjunnya dan mengalir lagi ke bawah sampai ke air terjun Kedung Pedut.

Berawal dari kerja bakti masyarakat sekitar membersihkan daerah aliran sungai yang terbengkalai dan lebat oleh semak belukar, tepian Sungai Mudal sepanjang kira-kira 600 meter ini pun perlahan mempercantik diri menjelma menjadi sebuah destinasi yang menarik untuk didatangi. Sebelum dikelola pokdarwis setempat seperti saat ini, hanya Air Terjun Mudal yang membuat orang-orang tertarik untuk datang berkunjung. Itu pun hanya bisa dilakukan saat musim penghujan, ketika debit air terjun cukup deras.

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal yaitu 6ribu, parkir motor 2ribu, parkir mobil 3rb. Buka setiap hari Senin sampai Minggu pukul 08.00 sampai 17.00.

Kini pokdarwis sudah mulai berbenah menata air terjun Mudal, kolam alami bisa digunakan untuk berenang dengan airnya yang sangat jernih. Di musim hujan tempat ini juga digunakan untuk water canoying. Tim Zaza Tour sangat tertarik dengan penataan taman dan tumbuhan yang ditanam untuk mempercantik taman sungai tersebut. Untuk rencana ke depan, taman sungai Mudal akan diperluas dan menjadi agrowisata menoreh.

Check Also

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Ngalenggeran Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran merupakan salah satu Gunung aktif sekitar 60 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »