Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Outbound » Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan

Hutan pinus memang sedang populer saat ini. Selain view nya yang memang kece, tiap sudut manapun selalu instagramable dan mudah menjadi hits di kalangan pengguna media sosial. Hutan Pinus Mangunan adalah salah satunya. Berlokasi di desa Mangunan kecamatan Dlingo kabupaten Bantul Yogyakarta tempat ini sedang menjadi trend untuk hunting foto di daerah Jogja. Pengguna medsos turut andil membuat tempat ini menjadi terkenal seperti sekarang.

Perbukitan dengan hawa sejuk dan segar masih sangat berkuasa di hutan pinus ini. Lokasinya yang jauh dari perkotaan semakin membuat tempat ini ramai dikunjungi kaum urban yang ingin melepaskan penat akan rutinitas dan memperlambat ritme kehidupan. Suasana seperti dalam film Twilight begitu kental terasa ketika kami menginjakkan kaki dan menerawang didalam hutan. Menara pandang ala Kalibiru disediakan untuk pengunjung yang gemar selfie. Yang paling unik di tempat ini adalah dibangunnya semacam panggung pertunjukan terbuka di tengah hutan pinus, lengkap dengan tempat duduk penonton memanjang setengah lingkaran mengelilingi panggung. Kontur tanah yang miring menyempurnakan keseluruhan tata letak panggung laiknya pertunjukan orkestra dengan point of view penonton kebawah. Semua bahan yang digunakan berasal dari kayu yang notabene saat ini sudah semakin langka dan mahal.

Sekelompok pemuda lokal yang peduli dan tanggap pun menjadi pengelola dari tempat ini. Walaupun hanya donasi parkir yang ditarik oleh pengelola, namun fasilitas sederhana mulai dilengkapi seperti toilet, area parkir yang cukup luas untuk mempermudah pengunjung yang datang. Lokasi hutan pinus Mangunan sangat dekat dengan Kebun Buah Mangunan dan juga Puncak Becici. Dari makam raja-raja Imogiri, anda tinggal belok ke kiri mengikuti penunjuk arah menaiki bukit yang bisa ditempuh menggunakan roda 2 atau 4 bahkan bis berukuran sedang. Jika anda kurang puas mengexplore hutan pinus, ada tempat lain yang recommended untuk dikunjungi yaitu Hutan Pinus Kragilan di Magelang.

Courtesy picture: IG @ihsanudn

Check Also

Taman Tebing Breksi

TAMAN TEBING BREKSI Taman Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jogjakarta yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *