Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Outbound » Goa Jomblang Cahaya Dari Surga

Goa Jomblang Cahaya Dari Surga

Goa Jomblang Cahaya Dari Surga

goa jomblangGoa Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarjero Semanu Gunungkidul, sekitar 8 km dari kota Wonosari atau 50 km arah tenggara dari kota Yogyakarta. Termasuk dalam rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur. Letak Goa berada di tengah ladang penduduk yang kering berbatu. Dulunya ladang tersebut adalah hutan belukar. Goa yang sudah ada ribuan tahun tersebut dulunya tidak mempunyai mulut atau lubang seperti sekarang ini. Proses amblesnya tanah beserta tumbuhan yang hidup diatasnya masuk kedalam goa membuat lubang atau pintu baru yang disebut Goa Jomblang.

Untuk menuju ke Goa Jomblang kita harus menuruni tebing menggunakan tali dengan kedalaman 60 m. Konon dulu sewaktu pemberontakan PKI dapat dipadamkan pada tahun 1965, lokasi ini menjadi tempat pembuangan anggota PKI yang tertangkap. Sesampai di dasar Goa kita akan melihat berbagai macam tumbuhan yang tumbuh subur karena tanah yang ambles turun kebawah beserta vegetasinya masih terkena sinar matahari dan teraliri oleh tetesan air yang jatuh dari atas goa. Perjalanan dilanjutkan menyusuri lorong goa horisontal sekitar 500 m menuju goa vertikal selanjutnya yaitu goa Grubug.

Ketika kita menuju ujung lorong akan terlihat cahaya yang jatuh dari atas lorong. Pemandangan cahaya matahari yang masuk menerobos kegelapan mulut goa Grubug sangat indah menakjubkan. Sinar matahari tersebut sering dinamakan sebagai cahaya surga yang menembus kegelapan abadi didalam goa. Cahaya jatuh di stalagmit berwarna coklat yang berdiri kokoh di tengah dasar goa Grubug menghasilkan panorama yang luar biasa cantiknya.

Waktu yang pas untuk melihat dan mengabadikan cahaya tersebut pada jam 10.00-13.00 WIB. Di sisi lain goa terdengar gemericik air sungai merupakan satu alur dari Kalisuci. Tarif untuk menikmati keindahaan Goa Jomblang ini cukup mahal yatu Rp. 450.000 sampai Rp. 1.000.000 per orang. Tarif tersebut termasuk peralatan dan pemandu untuk menelusuri Goa Jomblang. Namun tarif tersebut juga sebanding dengan keelokan Goa Jomblang. Jika anda penasaran dan ingin berkunjung kesana, kami menyediakan paket wisata lengkap Goa Jomblang.

Check Also

Kebun Bunga Matahari yang Indah

Kebun Bunga Matahari Samas Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata favorit bagi sebagian orang. Tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »