Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Embung Kebun Buah Nglanggeranembung nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul. Berada di bagian utara kabupaten Gunungkidul dan merupakan bagian dari Gunung Api Purba Nglanggeran yang pernah aktif 30-60 juta tahun yang lalu.

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan. Dimanfaatkan untuk mengairi kebun buah dan irigasi untuk lahan penduduk yang ada di sekitar lereng Gunung Api Purba Nglanggeran.

Sebelum dibuat Embung Nglanggeran oleh penduduk sekitar, tempat itu adalah salah satu bukit yang berada di sisi Gunung Purba. Karena ada sumber mata air di puncak Gunung Purba, maka penduduk mempunyai inisiatif untuk membuat tampungan air/ embung. Pada tahun 2012 mulai dikikislah salah satu bukit itu menjadi sebuah tanah landai yang ada di ketinggian. Mata air dialirkan menuju bukit dengan tampungan yang berbentuk cekungan dan diberi landasan karpet tebal berwarna hitam agar air tidak meresap kedalam tanah.

Seiring perkembangan jaman, yang dulunya embung difungsikan menjadi tampungan air. Sekarang embung juga diminati oleh wisatawan baik lokal maupun asing, karena pemandangannya memang sangat bagus. Sarana dan prasarana pun mulai ditingkatkan oleh pemda setempat. Mulai dari akses jalan, lahan parkir hingga memberdayakan penduduk sekitar untuk mengolah tujuan wisata baru ini. Di akhir pekan atau hari libur banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berkunjung ke obyek wisata yang lebih dikenal dengan sebutan Embung Nglanggeran.

2015-03-11_08.24.56[1]

Check Also

Kebun Bunga Matahari yang Indah

Kebun Bunga Matahari Samas Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata favorit bagi sebagian orang. Tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »