Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo Jogja

Pesona Wisata Waduk Sermo Jogja

waduk sermoBak tidak mati gaya, setiap kawasan Yogyakarta kian gencar mempromosikan destinasi wisata khas masing-masing daerah. Misalnya saja Kulon Progo yang menawarkan wisata Waduk Sermo. Nampaknya lengkap sudah, wisata yang ditawarkan oleh kota pariwisata ini, Yogyakarta. Hampir semua kekayaan alamnya menjadi varian wisata yang tereksplor. Menjadi wahana yang wajib dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Begitu halnya dengan wisata waduk Sermo Jogja yang tidak luput dari incaran sebagai tempat kunjungan para wisatawan. Sehingga tidak salah apabila destinasi ini termasuk sebagai tempat wisata yang sangat recomended untuk dikunjungi tatkala liburan di Yogyakarta. Kok malah jadi penasaran ingin mengunjungi wisata ini ya. Daripada penasaran berlarut-larut, mendingan kita simak yuk penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Sri Gethuk Air Terjun Yang Mempesona

Sebelum anda melakukan kunjungan ke waduk Sermo Jogja alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui beberapa informasi penting terkait wisata tersebut. Sebab setidaknya hal ini akan membantu anda dalam mempersiapkan semua kebutuhan tatkala liburan di Yogyakarta. Adapun informasi penting yang harus anda ketahui ialah:

  1. Lokasi Wisata

Lokasi destinasi wisata waduk Sermo berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

  1. Diresmikan

Wisata waduk Sermo Jogja telah diresmikan oleh presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Peresmian ini berhasil dilaksanakan setelah menempuh proses pembangunan dengan menggunakan dana Pemda setempat sebesar 22 miliar rupiah.

  1. Luas Wilayah

Waduk Sermo dibangun dengan suplesi sistem irigasi yang tidak main-main, yakni diarea seluas 7.152 Ha di daerah Kalibawang. Sebagai dampaknya ialah bedol desa, dimana 100 keluarga harus ditransmigrasikan ke daerah Tak Toi Bengkulu. Sementara 7 keluarga ditrasmigrasikan ke perkebunan inti kelapa sawit Riau.

  1. Rute Akses Menuju Tempat Wisata

Untuk mencapai lokasi wisata waduk Sermo, ialah anda dapat melalui rute sebagai berikut:

Jalur perjalanan dari arah Timur : Kota Yogyakarta – Jalan raya Wates – pusat kota Wates – ke barat melalui jalan Wates arah Kokap – menuju waduk Sermo kurang lebih sekitar 15 menit.

Sementara rute Barat ialah: Melalui Purworejo Wates – Terminal Wates mengambil jalur kiri – perlintasan rel kereta api mengambil arah kiri – Wates arah Kokap – dalam kurun waktu 15 kemudian anda akan sampai di lokasi wisata.

  1. Harga Tiket

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah tiket masuk, sebab harga tiket masuk cukup bersahaja dikantong anda. Lebih lanjutnya rinciannya ialah sebagai berikut:

Tiket masuk, seharga Rp. 2.000,-/orang

Apabila anda mengendarai motor maka akan dikenakan tarif Rp. 1.000,-

Apabila anda menggunakan mobil, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000,-

Sementara apabila anda menggunakan bus, biaya yang harus dikeluarkan ialah sebesar Rp. 5.000,-

Untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp. 1.500,-. Untuk mobil seharga Rp. 3.000,- dan bus dihargai Rp. 5.000,-.

Untuk menyewa perahu wisata, anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp. 3.000,-. Sementara orang dewasa cukup membayar Rp. 5.000,-.

  1. Fasilitas

Di antara beberapa fasilitas yang tersedia di wisata waduk Sermo ini ialah disebelah timur wisata terdapat villa dan outbond. Di sana juga tersedia restoran yang bernama Gendhis Resto dengan menu andalan ikan tawar goreng atau bakar. Terdapat pula toilet dan kamar mandi. Kedepannya pengelola berencana menyediakan wahana speed boat guna memuaskan dan memanjakan para pengunjung. Sementara fasilitas yang fenomenal adalah tarian khas Kulon Progo yang ditampilkan setiap sebulan sekali.

         7. Spot Wisata Di Waduk Sermo

Di spot wisata ini anda dapat merasakan panorama yang luar biasa. Di sana anda dapat mengekspresikan diri dengan bersepeda, jogging, atau mungkin memancing di waduk Sermo. Selain itu anda juga dapat menikmati pemandangan dari dataran tinggi cukup dengan duduk bersantai bersama. Kesejukan udara juga merupakan jamuan khas yang ditawarkan di wisata ini. Uniknya waduk Sermo ini juga digunakan sebagai irigasi untuk mengairi daerah sekitar dan persawahan yang ada.  di bali ada  Bali Tour Packages atau di lombok ada Rinjani Tour and Trekking dan di jogja juga banyak, silahkan hubungi kami.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »