Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Situs Warungboto

Situs Warungboto

Situs Warungbotositus warungboto

Situs Warungboto merupakan bangunan bersejarah atau salah satu cagar budaya yang harus kita lindungi.

Bentuk bangunan sendiri mirip dengan Taman Air Tamansari yang berada di kompleks Keraton Yogyakarta. Ukurannya yang lebih kecil menjadi pembeda antara situs Warungboto dengan Tamansari. Menurut sumber dari Keraton Jogja, petilasan ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan diteruskan pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II. Tujuan dari dibangunnya tempat ini adalah sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Situs ini aslinya bernama Pesanggrahan Rejowinangun. Dulunya pesanggarahan atau tempat transit/peristirahatan ini adalah sebuah pemandian dengan adanya sebuah sumber mata air atau disebut umbul. Kini sumber mata air tersebut telah rusak atau hilang sehingga yang tersisa hanyalah petilasannya saja.

Pada tahun 2016 situs warungboto telah selesai di renovasi. Dengan begitu situs ini menambah keragaman obyek wisata cagar budaya yang ada di Kota Yogyakarta.

Lokasi yang strategis yaitu di Jalan Veteran atau sebelah barat daya dari Kebun Binatang Gembiraloka. Dinamakan situs Warungboto karena situs sejarah tersebut berada di daerah Warungboto.

Kini situs ini mulai dikenal masyarakat luas dan fotonya menghiasi beberapa media sosial dan menjadi trending di kalangan netizen. Silakan anda searching di dunia maya dengan kata kunci atau hashtag “situs warung boto” sebagai referensi lain sebelum anda mengunjungi tempat tersebut bersama kami.

Check Also

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Ngalenggeran Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran merupakan salah satu Gunung aktif sekitar 60 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »