Selasa , 20 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Puncak Kosakora Yogyaikarta

Puncak Kosakora Yogyaikarta

Landscape yang Sempurna dari Puncak KosakoraPuncak Kosakora

Puncak Kosakora – Tak habis-habisnya tempat baru yang bisa dieksplor ketika berada di Gunungkidul. Mungkin ada sebagian kawan yang pernah mendengar atau bahkan pernah menginjakkan kaki di Puncak Kosakora. Yup… Salah satu bukit dengan ketinggian 50 mdpl di garis pantai selatan Gunungkidul tepatnya di sisi timur pantai Drini. KOSAKORA yaitu singkatan dari KOran SAk lembar, KOpi oRA ono (bahasa jawa yang berarti hanya selembar koran, tidak ada kopi yang menemani) curhat seorang pengunjung yang datang pada malam hari, sewaktu bukit ini belum ngehits seperti sekarang ini.

Lokasi Puncak Kosakora yaitu di Desa Banjarejo, Tangjungsari, Ngetisrejo, Gunungkidul. Jika anda membawa kendaraan, arahkan tujuan anda ke pantai Drini. Setelah menitipkan kendaraan disini, anda harus trekking sejauh 2 km ke arah timur. Ada 2 rute yang bisa ditempuh yaitu melewati perbukitan di sisi utara (rute lebih panjang karena berbelok-belok membelah bukit) atau bisa menyusuri garis pantai melewati pantai Ngrumput dan pantai Watu Bolong. Tetapi anda harus hati-hati, jangan sampai menusuri bibir pantai pada waktu air laut pasang karena akan membahayakan diri.

Sesampai di pantai Watu Bolong, akan mulai terlihat puncak bukit Kosakora dengan bendera merah putihnya yang gagah berkibar tertiup angin laut. Timing paling tepat untuk berkunjung ke Puncak Kosakora adalah pagi hari atau sore hari. Selfie ataupun groufie jamak dilakukan disini karena memang itulah point of human interest saat ini. Di garis barat terlihat pantai Watu Bolong, pantai Drini, pantai Sepanjang, bahkan mercu suar pantai Baron pun terlihat samar. Di sisi timur akan nampak pantai Krakal, pantai Sadranan dan pantai Ngandong. Untuk anda yang ingin bermalam disini, tidak usah khawatir karena tenda atau dome juga disewakan oleh penduduk lokal. Sunrise atau sunset bisa anda nantikan disini karena view ke arah mata angin manapun.

Untuk menikmati keindahan Puncak Kosakora anda perlu membayar pos retribusi Pantai Baron sebesar 10ribu, dan untuk menaiki puncak sebesar 2ribu, parkir motor 2ribu dan parkir mobil 5ribu.

Courtesy picture: IG @zoellfikri

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »