Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Pantai » Pantai Sadranan Yogyakarta

Pantai Sadranan Yogyakarta

Pantai Sadranan Sebagai Tempat Snorkeling Di Jogjapantai sadranan

Pantai Sadranan – Salah satu cara menikmati keindahan panorama bawah laut adalah dengan melakukan snorkeling. Pengertian dari istilah snorkeling sendiri berarti kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Yakni peralatan selam berupa selang berbentuk huf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Namun nampaknya perlu digaris bawahi pula, bahwa kegiatan snorkeling ini pada umumnya dilakukan di spot yang memiliki kedangkalan yang relatif. Dan sudah barang tentu dasar bawah laut ini memiliki kekayaan indah yang luar biasa. Nah, Ini berarti tidak semua pantai dapat dijadikan sebagai kegiatan snorkeling. Begitu halnya dengan pantai yang ada di belahan kepulauan indonesia. Hanya beberapa pantai saja yang layak menjadi spot kegiatan snorkeling. Misalnya saja tempat snorkeling di Jogja. Jadi penasaran pantai mana si yang bisa dijadikan tempat snorkeling?

Tempat snorkeling di Jogja yang telah populer dimata para wisatawan ialah pantai Nglambor Gunungkidul. Pantai Nglambor ini ditumbuhi karang-karang yang indah. Terdapat corak-corak, varian ikan kecil dan beragam jenis tumbuhan laut. Air yang jernih dan bersih memudahkan pandangan kita tatkala snorkeling. Sehingga dengan leluasa kita dapat menikmati keindahan karang, berbagai jenis tumbuhan, varian ikan dan beraneka ragam biota laut lainnya. Nah, begitu halnya dengan pantai Sadranan Gunung Kidul yang menjadi destinasi baru tempat snorkeling di Jogja.

Baca Juga : Tarif Sewa Mobil Dan Bus

1.Model Pantai Sadranan

Tidak jauh dengan pantai-pantai lain yang berada di jogja. Pantai Sadranan merupakan pantai yang berada di Gunungkidul. Hamparan pasir putih yang terbentang luas mendominasi dan karang di pinggir pantai adalah karakteristik dari destinasi wisata ini..

2. Lokasi

Letak wisata ini berada di kompleks pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Lebih tepatnya, pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Akses Menuju Lokasi

Akses menuju pantai Sadranan tidak semulus jalur pantai-pantai lain. Jalannya masih rusak dan sedikit sulit dilalui. Memerlukan ekstra kesabaran untuk sampai ke pantai ini. Adapun rute yang dapat digunakan untuk mencapai destinasi wisata ini ialah dari pusat jogja anda langsung mengambil jurusan ke Gunungkidul. Yakni melalui jalan Wonosari. Setelah sampai di pasar Wonosari, kemudian ambil jalan ke sebelah kanan menuju pantai Baron. Setelah itu, terus menuju arah timur hingga nanti disebelah kanan terdapat papan petunjuk ke arah pantai Sadranan.

4. Fasilitas

Di pantai ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Di antaranya saja, terdapat rumah makan yang menyediakan menu seafood, toilet, dan juga kamar mandi. Pantai ini juga tersedia gazeboo sebagai tempat beristirahat dan menikmati pemandangan indah laut. Uniknya, di sini juga tersedia dua varian gazeboo yakni yang kecil dan yang berukuran besar.

5. Snorkeling di Pantai Sadranan

Dari serangkaian informasi penting ini, yang paling menarik adalah melakukan snorkeling di pantai Sadranan. Keindahannya tidak jauh berbeda dengan pantai pioner snorkeling, Nglambor. Bahkan di bawah kekayaan laut pantai terdapat spesies ikan langka yang dilindungi keberadaannya. Untuk melakukan snorkeling di pantai ini, anda dapat menyewa peralatan snorkel dengan harga Rp. 50.000,-. Sementara jadwal yang pas untuk snorkeling ialah di pagi hari (jam 06.00-08.00 WIB) dan pada sore hari (16.00-18.00 WIB). Kebanyakan wisatawan melakukan snorkeling sore hari sambil menikmati sunset.

6. Penginapan

Di area pantai Sadranan terdapat juga penginapan di atas bukit. Posisi penginapan tersebut jamuan hamparan laut lepas yang indah. Apabila anda backpacker sejati, dapat pula mendirikan tenda dipinggir pantai.

7. Keunikannya

Keunikannya, meskipun pantai ini berada di antara himpitan pantai Krakal dan pantai Indrayanti. Namun, pantai ini masih sangat langka dikunjungi oleh para wisatawan. Tatkala hari libur menjelang, pantai ini pun hanya sedikit ramai daripada hari biasa. Memang nuansa tenang dan sepi adalah daya tarik yang ditawaran oleh pantai Sadranan.

berwisata di jogja sangat menyenangkan, wisata disini tentunya tidak kalah dari paket wisata bali atau komodo tour, jadi pastikan anda sudah berkunjung ke jogja.

Check Also

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit Kabupaten Gunungkidul memang menjadi pusat destinasi pantai, karena memang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »