Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Pantai » Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Gunungkidulpantai pok tunggal

Pantai Pok Tunggal Jogja merupakan salah salah satu wisata di Yogyakarta yang masyhur menyuguhkan jendela surga. Letaknya yang tersembunyi menjadi ciri khas tersendiri. Hamparan pasir putih dibibir pantai dan birunya air laut menjadi perpaduan warna alami yang patut disyukuri dan dinikmati. Tidak heran lagi, apabila banyak wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara yang hilir-mudik berbondong-bondong ingin mencicipi pesonanya. Nuansa alam sebagai jamuan manis dibalik identitasnya menjadi buruan setiap pelancong yang berkunjung ke destinasi wisata di Yogyakarta. Nampaknya tidak akan menarik dan ketinggalan jauh sensasi apabila anda berkunjung ke Yogyakarta tanpa menyempatkan waktu menengok pantai Pok Tunggal Jogja.

Adapun beberapa informasi penting yang harus anda ketahui mengenai destinasi wisata pantai ini ialah sebagai berikut:

  1. Istilah Pantai Pok Tunggal

Sebutan “Pok Tunggal” sebenarnya memiliki makna filosofi tersendiri. Tidak semata-mata sembarang nama. Dimana nama sebutan “Pok Tunggal” diambil dari adanya sebuah pohon yang hidup dipinggir pantai tersebut. Pohon Duras, nama pohon tersebut. Pohon (pokok) Duras yang tumbuh di sekitar pantai ini kebetulan hanya satu buah. Sehingga tersebutlah sebagai pantai Pok Tunggal. Keberadaan pohon ini sangat dijaga ketat oleh penduduk setempat. Jangan heran apabila anda liburan ke pantai ini dan mendapati teguran keras untuk merusak pohon tersebut.

  1. Lokasi Pantai

Letak dari pantai Pok Tunggal ini tidak jauh dari lokasi pantai Indrayanti. Lebih tepatnya yakni berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

  1. Akses Menuju Pantai

Lokasi pantai ini cukup ditempuh 15 menit dari pantai Indrayanti. Sementara jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta anda akan melalui perjalanan kurang lebih sepanjang 70 km. Apabila ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam anda akan sampai di pantai Pok Tunggal. Rute yang dapat dilalui yakni dari arah Yogyakarta menuju Wonosari. Namun, anda harus hati-hati, sebab 2 kilometer sebelum sampai ke pantai, terdapat jalan yang terjal, berkelok-kelok dan sempit.

  1. Ikon Wisata Di Pantai Pok Tunggal Jogja

Terdapatnya sebatang pohon Duras dipinggir pantai Pok Tunggal menjadi icon yang menambah nilai plus atas cantiknya panorama alami pantai. Pohon yang digadang-gadangkan sulit tumbuh ini sangat diperhatikan dan dijaga betul oleh masyarakat lokal. Tidak jarang pula pohon ini dijadikan sebagai background berfoto oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai Pok Tunggal. Selain itu, pantai ini juga dibentengi oleh tebing-tebing tegak lurus setinggi 5o m, yang berpotensi sebagai spot panjat tebing dikemudian hari.

  1. Fasilitas

Dari tahun ke tahun pengelolaan pantai Pok Tunggal selalu terus ditingkatkan. Sehingga semua fasilitas pun mulai dilengkapi. Adapun di antara fasilitas yang akan anda dapatkan tatkala berlibur ke pantai Pok Tunggal adalah sebagai berikut;

Parkiran Kendaraan seharga Rp. 3.000,-Rp. 15.000,-.

Toilet Umum, Rp. 2.000,- Rp. 3.000,-

Tenda Dome, Rp. 60.000,-

Payung Pantai, Rp. 20.000,-

Area Camping, Rp. 5.000,- Rp. 10.000,-

Warung Makan, Rp. 7.000,- Rp. 20.000,-

  1. Wahana Berfoto Gimik Di Pantai Pok Tunggal

Sebatang pohon Duras menjadi ikon berfoto apik, tatkala senja merona. Warna kemerah-merahan dan jingga dikala senja menjadi balutan yang pas untuk menjadikan pohon Duras sebagai background berfoto anda. Baik selfie ataupun berfoto bersama. Terlebih-lebih dihiasi dengan benteng tebing yang gimik tatkala tersorot cahaya tatkala mentari terbenam

Yang unik di pantai ini juga terdapat air tawar. Keberadaan air tawar inilah yang memenuhi semua kebutuhan warung-warung dan kamar mandi umum yang berada di pinggir pantai. Kemungkinan besar air tawar ini berasal dari bawah tanah yang khas daerah karst.

Check Also

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit

Pantai Wohkudu Spot Camping Favorit Kabupaten Gunungkidul memang menjadi pusat destinasi pantai, karena memang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »