Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Yang Indah dan Menawanpantai indrayanti

Pantai Indrayanti Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di Yogyakarta. Salah satu spot yang sangat terniang jelas direkomendasikan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai yang terkenal dengan pesona indah tiada dua. Tidak heran lagi apabila banyak pelancong terpikat hati dalam pandangan pertama. Salah satu wisata yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga maupun orang tercinta. Ingin tahu lebih banyak tentang pantai Indrayanti ini enggak?

Daripada penasarannya tidak karuan, berlarut-larut dan membludak di ubun-ubun. Mendingan yuk kita simak bersama-sama mengenai informasi penting seputar pantai Indrayanti Jogja sebagai berikut:

1.Lokasi Pantai

Letak pantai Indrayanti berada di jalan Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Provinsi Jawa Tengah. Lokasi yang tidak berjauhan dengan destinasi wisata pantai lain, seperti halnya pantai Krakal, pantai Pok Tunggal, dan pantai Sundak.

2. Akses Menuju Pantai

Dari pusat kota Yogyakarta, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk mencapai pantai Indrayanti. Dimana anda harus melalui jarak tempuh kurang lebih 66 km. Jalan yang akan anda lalui ialah jalur turun-naik dan berkelok-kelok. Akan tetapi kondisi jalannya mulus, sehingga tidak mengganggu perjalanan anda. Meskipun demikian sangat di sarankan berhati-berhati. Apabila dijabarkan, sejatinya ada 2 rute jalan menuju pantai ini, ialah sebagai berikut:

Dari Jogja mengarah ke jalan wonosari (ringroad Timur), melewati arah piyungan- Patuk – Wonosari – Karang rejek – Hargosari – Tepus. Kemudian ikuti pentunjuk arah menuju pantai Indrayanti

Sementara rute alternatifnya bisa melalui, jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Berikutnya menuju ke arah Timur kurang lebih 10 km untuk sampai di Pantai Indrayanti.

3. Sejarah

Sebutan populer Pantai Indrayanti Jogja sejatinya bukanlah nama asli dari pantai ini. Istilah indrayanti ini merujuk pada sebuah cafe dan restoran yang berada tidak jauh di sekitar pantai tersebut. Dimana istilah ‘Indrayanti’ ternyata diambil dari gabungan dua nama pemiliknya, yakni bapak Indra dan Ibu Yanti. Sementara nama resmi yang diberikan pemerintah setempat untuk nama pantai tersebut adalah pantai Pulang Sawal/Syawal. Namun sangat disayangkan justru nama resmi ini tidak banyak dikenal oleh para wisatawan. Yang populer justru nama pantai Indrayanti Jogja.

4. Pesona

Pantai Indrayanti telah dipromosikan oleh 12 negara. Selain terkenal akan kejernihan airnya, ciri khas gelombangnya yang besar, dan pasir putih pantainya yang terhampar luas dibibir pantai. Destinasi wisata ini juga menyuguhkan sunset yang indah. Disebelah kiri pantai terdapat tebing yang dapat didaki. Dari atas tebing tersebut anda dapat menikmati landscape pantai dengan sangat jelas.

5. Keunikan

Pantai Indrayanti ini sangat mengutamakan kebersihan dan terawat. Hebatnya, pihak pengelola tidak tanggung-tanggung dalam menyikapi urusan sampah. Dimana bagi wisatawan yang diketahui membuang sampah sembarangan maka akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,-. Hal ini nyatanya sangat efektif, sehingga kebersihan dan kenyamanan area wisata terjaga.

6. Fasilitas

Di antara fasilitas yang dapat anda rasakan di pantai Indrayanti ialah sebagai berikut:

Berbagai tempat makan atau cafe yang menyuguhkan menu yang khas pantai Indrayanti

Disepanjang pinggir pantai juga terdapat rangakaian gazeboo yang dapat anda gunakan untuk menikmati suasana sekitar pantai dan istirahat.

Kamar mandi dan toilet juga tersedia dengan lengkap

Terdapat pula tempat penyewaan jetsky yang sangat cocok untuk bermain

7. Harga Tiket

Untuk memasuki area pantai anda cukup membayar Rp. 10.000,-. Harga sewa payung pantai sebesar Rp. 20.000,-. Untuk sewa gazeboo dikenakan tarif Rp. 30.000,-. Tarif pakai toilet dan kamar mandi sebesar Rp. 2000-5000,-. Dan untuk sewa jetsky dikenakan tarif Rp. 250.000,-/15 menit.

8. Penginapan

Tersedia pula beberapa fasilitas penginapan untuk bermalam, di antaranya ialah seperti Walet Gues House, penginapan Cemara Udang, Penginapan Jolowatukelir, Griya Pesisir, Bamboo Lengkung Cottage dan Rock Garden Homestay.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »