Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Museum » Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi Yogyakarta

Museum Affandi Yogyakarta yang Nyentrik

museum affandiSitus sejarah yang terdapat di kawasan Yogyakarta tidak sebatas eloknya candi Borobudur, candi Prambanan dan kontruksi candi lainnya. Melainkan dilengkapi pula dengan adanya beberapa museum yang bersejarah. Baik itu museum yang memajangkan prasasti, retakan relief maupun mengenai sesuatu yang luar biasa layak untuk dikenang. Misalnya saja seperti museum Affandi Yogyakarta. Tempat yang memotret setiap langkah dan hembus ide dari seluruh bagian hidup sang maestro ulung, Affandi. Nah, pernahkah anda berkunjung ke museum ini?. Entah sekadar untuk menikmati pameran lukisan yang memanjakan mata, atau mungkin berkunjung untuk menyelesaikan tugas yang menjadi kewajiban anda. Kalau belum pernah yuk kita cari tahu sama-sama informasi penting mengenai museum Affandi Yogyakarta di bawah ini.

Baca juga : Waduk Sermo Jogja

Tidak sekadar khalayak museum biasa yang dikenal oleh banyak orang. Museum Affandi hadir dengan gelora curahan ide gila yang belum pernah diketahui oleh orang banyak. Perwujudan semangat nyata sang maestro semuanya terbingkai dalam memori lukisan di museum Affandi Yogyakarta.

  1. Lokasi

Museum Affandi terletak di jalan raya Ygyakarta-Solo nomor 167. Lebih tepatnya berada di jalan Solo km 5,1, tepi barat sungai Gajah Wong. Persis depannya kampus UIN Sunan Kalijaga atau berdekatan dengan pos polisi depan KFC.

  1. Akses Menuju Museum

Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya memudahkan akses pengunjung untuk sampai di museum Affandi. Untuk menuju museum ini anda bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa angkutan umum.

  1. Sejarah

Di dalam kompleks museum terdapat IV bagian galeri yang masing-masing menyodorkan ciri khas dan keunikan tersendiri. 3 bagian galery tersebut ialah:

Galeri I mempunyai fungsi sebagai tempat pembelian tiket, sekaligus memajang semua karya Affandi dari mulai berkarya sampai menghembuskan nafas terakhirnya. Kontruksi galeri I sepenuhnya dibangun oleh Affandi pada 1962 dan diresmikan oleh profesor Ida Bagus Mantra, Direktur Kebudayaan Umum pada 1974. Lantai bawah dan atas yang melengkung dipenuhi dengan lukisan sketsa dan karya reproduksi. Galeri I juga memajangkan mobil kuning bermerk Colt Gallan 1976 yang telah dimodif unik dan onthel antik yang mengkilap koleksi pribadi Affandi. Tidak ketinggalan pula di sana juga terdapat patung sebagai potret Affandi bersama Kartika, anaknya.

Galeri II dibangun dengan bantuan pemerintah pada 1987 dan diresmikan oleh Prof. Dr. Fuad Hasan (MENDIKBUD) pada 9 Juni 1998. Sejumlah lukisan pemula dan senior tertata apik di galeri II. Setiap sudut lantai pertama memuat lukisan abstrak, sementara lukisan bernuansa realis terpajang di lantai 2.

Galeri II dibangun dengan dana yayasan Affandi pada 1999 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamungkubuwono X pada 2000. Sebagai gedung serba guna terdiri dari 3 lantai yang didesain khusus melengkung dengan gradasi daun pisang. Lantai pertama berfungsi sebagai Sanggar Gajah Wong. Tempat generasi muda mengasah bakat melukis. Tempat perbaikan dan perawatan lukisan berada di lantai 2. Sedangkan tempat menyimpan lukisan berada di ruang bawah tanah. Digaleri III terdapat menara untuk menikmati panorama setiap relung museum, sungai Gajah Wong dan padatnya hiruk-pikuk jalan raya.

Galeri IV dibangun pada tahun 2002 dan memiliki fungsi memamerkan khusus lukisan keluarga Affandi.

  1. Fasilitas

Selain kompleks galeri yang megah, pengunjung juga mendapatkan fasilitas berupa mushola dan cafe Loteng yang menjual berbagai varian makanan dan minuman.

  1. Harga Tiket

Secara detail rincian harga pada tahun 2017 untuk masuk ke museum ini ialah:

Anak-anak berkisar Rp. 10.000,-

Dewasa Rp. 50.000,-

WNA Rp. 75.000,-

Apabila membawa kamera membayar Rp. 20.000,-

Membawa kamera hp Rp. 10.000,-

  1. Jadwal Buka

Museum Affandi dibuka setiap hari Senin-Sabtu pada pukul 09.00-16.00 WIB. Tutup pada setiap hari Minggu dan tanggal merah.

  1. Tips Berkunjung ke Museum Affandi yogyakarta

Museum Affandi sangat cocok untuk liburan keluarga. Sangat cocok pula untuk menghilangkan penat. Dan sebagai tempat inspirasi untuk pecinta seni lukis.

pada saat anda ke ke bali, anda mungkin pernah sewa mobil di bali, disana memang banyak sekali layanan sewa dan rental, baik dari kelas biasa mupun kelas mewah seperti sewa alhpard bali.

 

Check Also

Jalan-Jalan di Museum Dirgantara

Jalan-Jalan di Museum Dirgantara Museum Dirgantara – Anda punya rencana mengexplore museum di Jogja? Jangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »