Minggu , 19 Agustus 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Angkringan & Warung Tenda »  Mie Lethek Khas Bantul

 Mie Lethek Khas Bantul

Mie Lethek Khas Bantul

Pada tahun 2017 yang lalu mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya berlibur ke Yogyakarta. Setelah Barack Obama mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Puncak Becici, Beliau dan keluarga mampir untuk mecicipi kuliner tradisional khas Bantul yaitu Mie Lethek khas Bantul. Mie Lethek Khas Bantul terbuat dari tepung tapioka dan gaplek (singkong yang sudah dikeringkan).

mie lethek khas bantul Dinamakan mie lethek karena berwarna kusam, lethek merupakan bahasa Jawa yang diartikan dalam bahasa Indonesia lethek berarti kotor atau tidak bersih. Walaupun warnanya kusam tidak menarik tidak membangkitkan selera tetapi jika mie lethek sudah dimasak  menjadi mie lethek goreng atau mie lethek rebus pasti anda akan ketagihan. Rasa mienya yang kenyal dan gurih membuat para pengemar kuliner datang kembali. Kuliner unik ini harus anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta.

mie lethek khas bantul

 

 

Pakbrik mie lethek berada di Dusun Bendo, Desa Trimuri, Srandakan, Bantul. Proses pembuatan mie lethek ini masih menggunakan alat tradisional. Tepung tapioka dan gaplek dicampur diaduk menggunakan alat penggiling tradisional berbentu silinder besar yang ditarik oleh sapi. Setelah kalis adonan dikukus ditungku kemudian dicetak dan dijemur dibawah sinar matahari. Bentuk mie lethek mirip dengan mie bihun tapi lebih tebal. Walau tidak menggunakan pengawet mie lethek kering dapat tahan sampe beberapa bulan.

Banyak sekali penjual mie lethek yang ada, berikut kami rekomendasikan mie lethek yang menjadi favorit para penggemar kuliner,

  1. Mie lethek Kang Sum berlokasi di bekas pasar Imogiri, Bantul dekat dengan kompleks maka raja-raja Mataram, Imogiri.
  2. Bakmi Lethek Sor Pring berada di Tegal Layang, Caturharjo, Pandak, Bantul
  3. Warung Bumi di Jalan Imogiri Mangunan KM 3, Desa Giriloyo, Wukisari, Imogiri. Di warung ini Barack Obama mencicipi mie lethek
  4. Mie Lethek Mbah Mendes yang beralamatkan di P. Mangkubumi No.22, Gowongan, dekat dengan Stasiun Tugu dan Malioboro.

Rata-rata warung mie lethek buka dari jam 16.00-22.30. Menu yang ditawarkan yaitu mie lethek godog, mie lethek goreng, magelangan. Untuk harga mienya rata-rata Rp. 18.000/ porsi. Harga yang relatif murah dengan makanan yang enak.

Check Also

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding Gudeg Manggar Manding – Kota Yogyakarta selain disebut sebagai kota pelajar, kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »