Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Sejarah & Budaya » Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Pusat Pemerintahan Yogyakarta

keraton yogyakartaJogja adalah kota yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kota dan penduduk yang masih kental dengan budaya Jawa, adalah satu dari sekian banyak daya tarik Jogja. Wisata Keraton Yogyakarta, adalah simbol bahwa budaya kerajaan Jawa itu masih tegak berdiri. Terletak tepat di jantung kota budaya, di Jl. Rotowijayan 1, wilayah kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Istana raja itu dikelilingi oleh benteng pertahanan, di sana terdapat 2 loket bagian depan (tepas keprajuritan), serta bagian tengah (tepas wisata). Jika kamu ingin akses yang lebih lengkap sebaiknya masuk melalui tepas wisata, karena apabila kamu masuk lewat tepas keprajuritan kamu hanya bisa melihat hal-hal sekitar keprajuritan saja.

Baca Juga : Keraton Yogyakarta

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Keraton Jogja dan sekitarnya, seperti:

  1. Tour De Museum

Adalah aktivitas mengelilingi museum satu persatu yang ada di dalam komplek keraton. Banyak museum dan ruang penyimpanan benda -benda milik raja dan keluarga kerajaan maupun hadiah dari kerabat. Museum batik yang paling menarik perhatian disini, di dalamnya kamu bisa melihat koleksi batik-batik klasik berusia ratusan tahun. Pastikan kamu memasuki semua ruangan-ruangan tersebut, supaya kamu tidak melewati satupun benda koleksi raja yang masih tersimpan rapi.

  1. Menonton Pertunjukan Seni

Pertunjukan seni berlangsung di Bangsal Sri Manganti setiap harinya, bisa ditonton secara gratis. Pertunjukkannya biasanya dimulai pukul 09.00-10.00 WIB da Senin sampai Sabtu dan pukul 11.00 WIB pada hari minggu. Tiap hari pertunjukkan yang ditampilkan tidak sama, mulai dari wayang golek, wayang kulit, tari tradisional dan kesenian lainnya. Menikmati pertunjukkan seni dengan hawa yang segar angin yang semilir, akan menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan.

  1. Ngobrol Dengan Abdi Dalem

Cara lain mengetahui tentang keraton Yogyakarta dari sudut pandang berbeda adalah berbincang dengan salah satu abdi dalem. Pasti mereka dengan senang hati akan bercerita tentang semua kisah-kisah menarik yang tidak tertulis di buku manapun. Ngobrol dengan mereka juga akan memberi kamu banyak pelajaran hidup. Kita akan mengetahui segala tentang suka duka jadi abdi dalem di Keraton. Jadi abdi dalem adalah sebuah pengabdian kepada keluarga kerajaan yang mereka banggakan.

  1. Melihat Jemparingan

Dalam bahasa Jawa jemparing itu artinya panah, maka jemparingan adalah seni memanah. Untuk bisa menyaksikannya kamu harus berkunjung di hari selasa wage, di lapangam Kemandungan, sebelah utara Gedung Sasana Hinggil Alun-alun Selatan. Jadwalnya dilaksanakan sore diatas pukul 14.00 WIB. Agar bisa menyaksikannya kamu harus menghitung hari dan pasarannya agar pas di hari Selasa Wage. Karena bila salah hari atau pasarannya kamu tidak bisa menyaksikan jemparingan.

  1. Menyaksikan Upacara Adat

Sebagai pusat budaya Jawa yang masih terjaga nyalanya hingga kini, keraton masih sering mengadakan berbagai ritual dan upacara adat. Banyak sekali ritual dan upacara adat yang dilakukan, seperti Sekaten, Grebeg Suro, Miyos Mongso, Tapa Bisu Mubeng Benteng dan lain sebagainya.

  1. Berkeliling Di Tempat Wisata Sekitar Keraton

Bila mengunjungi objek wisata Keraton Yogyakarta kita juga bisa melanjutkan berkeliling objek wisata di sekitarnya. Seperti Museum Kereta Keraton, Museum Sonobudoyo, Malioboro, Alun-alun Kidul, Plaza Ngasem dan lainnya. Letaknya masih berdekatan, bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja.

  1. Wisata Kuliner Di Sekitar Keraton

Setelah lelah berkeliling, kamu bisa beristirahat sejenak sambil mengisi perut yang kosong, dengan berwisata kuliner. Mencicipi menu kesukaan Sri Sultan yaitu Nasi Balwong, terdiri dari nasi putih yang dicampur macam-macam rempah. Beserta dengan lauknya ayam goreng laos dan pindang telur. Penasaran? Silahkan kamu mencoba semua aktivitas menari yang bisa dilakukan di wisata Keraton Yogyakarta.

 untuk anda yang saat ini berada di wilayah bali, anda bisa sewa mobil bali dan untuk anda yang sedang mencari sewa mobil medan, anda bisa mengunjungi websitenya di pelitacar, oke sampai disini dulu untuk artikel kali ini, jangan lupa untuk terus mengunjungi website ini untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar wisata jogja.

Check Also

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Ngalenggeran Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran merupakan salah satu Gunung aktif sekitar 60 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »