Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Gunung Ireng Jogja

Gunung Ireng Jogja

Gunung Ireng Tempat Untuk Menikmati Sunrise

gunung irengPasti kamu mengira jika Jogja hanya mempunyai gunung Merapi saja kan? Padahal itu semua salah, sebab selain mempunyai gunung Merapi, Jogja juga mempunyai gunung Ireng yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan gunung Merapi. Gunung Ireng Jogja adalah sebuah bukit tinggi yang terletak di kawasan Pengkok. Selain itu, gunung ini juga disinyalir sebagai tempat terbaik untuk menikmati (sunrise) ataupun matahari terbit.

  1. Sejarah Gunung Ireng

Gunung ireng merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit (sunrise) yang terdapat di Gunung Kidul. Konon katanya, gunung yang satu ini tercipta akibat dari tendangan sang pendekar yang bernama Bratasena saat sedang marah. Alasan kenapa sang pendekar tersebut marah, katanya disebabkan mendapat gangguan dari sekumpulan monyet yang datang dari puncak Gunung Merapi. Entah itu benar ataupun tidak, yang penting kita sudah mengetahui sejarah dari terciptanya gunung ireng yang ada di Jogja

Baca juga : Kedung Kandang Air Terjun

  1. Kenapa Disebut Dengan Gunung Ireng?

Salah satu keunikan dari gunung yang berada di Dusun Srumbung ini tentunya adalah namanya. Konon katanya di beri nama “Gunung Ireng” sendiri disebabkan adanya bebatuan vulkanis di puncak gunung yang berwarna gelap. Selain itu jika diartikan dalam Bahasa Indonesia “ Gunung Ireng” mempunyai arti yang bernama “Gunung Hitam”.

  1. Bisa Tidak Mendirikan Tenda?

Mungkin itu salah satu pertanyaan yang sering keluar dari mulut pengunjung yang akan datang ke tempat ini. Terlebih buat mereka yang ingin menikmati suasana malam di atas Gunung sambil menunggu matahari terbit. Jadi buat kamu yang ingin berencana mendirikan tenda di tempat ini, tidak perlu khawatir lagi. Sebab, di tempat ini sangat diperbolehkan untuk mendirikan tenda pada malam hari.

  1. Kelebihan dari Gunung Ireng

Sebenarnya Gunung Hitam atau Ireng sendiri bukanlah gunung, melainkan sebuah bukit tinggi yang hampir mirip seperti layaknya gunung pada umumnya. Walaupun bukan gunung sungguhan, akan tetapi tidak kalah bagusnya dengan pemandangan yang ditampilkan oleh gunung-gunung besar lainnya. Selain itu, Gunung Ireng Jogja terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat dan menyaksikan indahnya pemandangan matahahari terbit (sunrise).

Jadi jika datang ke tempat ini, kamu akan langsung disambut oleh beberapa barisan perbukitan kapur yang memanjang luas. Selain itu, kamu juga akan disambut oleh petak-petak sawah yang sangat hijau dan kabut tipis di sekeliling gunung. Jika sudah mulai agak malam, kamu juga bisa mendirikan tenda di tempat ini.

  1. Objek wisata sekitar

Setelah puas menikmati keindahan yang ditawarkan di Gunung Ireng, kamu juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang ada di sekitarnya. Salah satu objek wisata yang berdekatan, yang bisa kamu kunjungi adalah desa wisata Pengkok. Di tempat ini kamu bisa melihat indahnya desa Pengkok yang sangat asri. Selain itu, di sekitar Gunung Ireng juga terdapat objek wisata yang bernama taman bunga Amarilis

  1. Akomodasi

Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dari atas gunung, kamu dikenakan biaya akomodasi tiket masuk dan parkir. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena untuk tiket masuk dan parkir sendiri sangatlah murah. Kamu hanya membayar uang sebesar Rp. 3000,00 saja untuk biaya pos retribusi. Sedangkan untuk biaya parkir di gunung ireng sendiri adalah sebesar Rp. 2.000,00.

     7. Lokasi

Lokasi Gunung Ireng Jogja sendiri terletak di kawasan Pengkok, tepatnya berada di Dusun Srumbung, Kawasan Pengkok, Patuk, Gunung Kidul, Jogjakarta.

      8. Akses

jika berangkat dari bukit bintang, kamu bisa lurus menuju arah Gunung Kidul. Nanti kalau menemukan perempatan radio GCD FM ataupun kantor Polisi Patuk, kamu bisa ambil jalan arah kanan menuju ke Wonosari. Setelah ambil kanan, maka kamu lurus terus sampai menemukan perempatan yang ada tugunya. Bila sudah sampai tugu tersebut, ambil arah kanan, setelah itu kamu bisa melihat papan petunjuk yang menuju arah Gunung Ireng.

dan sebagai informasi tambahan, jika anda saat ini sedang berada di lombok, anda bisa memesan paket wisata  Rinjani Trekking Package dan untuk anda yang berada di medan anda bisa menggunakan jasa rental sewa mobil medan untuk berkeliling kota.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »