Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Ngalenggeran

gunung api purbaGunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran merupakan salah satu Gunung aktif sekitar 60 juta tahun lalu. Gunung Nglanggeran berasal dari gunung api yang berada di dasar laut kemudian terangkat oleh proses alam dan kemudian menjadi daerah daratan. Gunung ini bentuknya tidak seperti gunung kebanyakan. Gunung ini berbentuk seperti bukit yang memiliki puncak, puncak tersebut bernama Gunung Gedhe. Gunung Gede memiliki tinggi sekitar 700 meter dengan luas 48 hektar. Karakteristik Gunung ini seperti bongkahan batu andesit raksasa.

Gunung Api Purba

berlokasi di Desa Nglangeran, kecamatan Pathuk, Gunungkidul. Kini Gunung Api Purba dikelola oleh Karang Taruna Desa Nglangeran dan sudah termasuk kawasan ekowisata. Butuh waktu sekitar 1 jam 20 menit untuk sampai ke Gunung ini. Rute yang ditempuh dari pusat kota menuju Jalan Wonosari selanjutnya ke Jalan Piyungan kemudian lagi ke arah Desa Nglangeran. Jika anda masih ragu rute tersebut jangan khawatir, sudah terdapat petunjuk arah yang jelas.

Baca Juga : Goa Pindul River Tubing

Daya tarik utama dari obyek wisata ini adalah pemandangan alam sekitar dan embung Nglanggeran yang dapat dilihat dari atas puncak bukit/ Gunung. Lokasi embung Nglanggeran tidak jauh dari Gunung Nglanggeran, embung ini dibangun warga untuk menjadi daerah resapan air.

Tiket retribsi Gunung Api Purba yaitu sebesar Rp. 15.000; unntuk disiang hari, Rp. 20.000; untuk malam hari. Untuk mencapai puncak Gunung kitan harus melewati jalan berbatu dan lorong-lorong, namun tidak perlu khawatir karena sudah terdapat papan petunjuk yang jelas. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Nglanggeran yaitu di waktu sunrise atau sunset. Selain itu wisatawan juga dapat berkemah di area pegunungan ini.

Fasilitas yang ada cukup lengkap yaitu seperti lokasi parkir, posko kesehatan, pusat informasi, pusat kuliner, toilet, mushola, balai pertemuan, homestay dan camping ground.

untuk anda yang berada di bali anda bisa sewa mobil bali agar bisa nyaman saat berwisata, dan untuk anda yang ingin honeeymon bandung anda bisa mengunjungi website tourandtravel.co

 

 

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »