Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Gumuk Pasir – Sandboarding di Jogja

Gumuk Pasir – Sandboarding di Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi istimewa di Indonesia. Dimana dia memiliki keunikan pada sistem pemerintahannya. Yakni kepala administrasi sekaligus kepala pemerintahan diemban oleh Raja. Selain pada sektor pemerintahan, Yogyakarta juga memiliki segudang keunikan wisata alam. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Jogja yang berada di kabupaten Bantul. Penasaran apa itu Gumuk Pasir? Berikut ini beberapa hal tentang Gumuk Pasir Jogja yang berlokasi di Kabupaten Bantul ini.

Gumuk pasir jogja merupakan sebuah gumuk yang ada di kabupaten bantul. Meski Bantul pernah dilanda musibah besar yakni gempa bumi hebat pada tahun 2006 silam, kini kabupaten di sebelah selatan Yogyakarta ini menjelma menjadi kabupaten yang memiliki potensi wisata segudang. Bahkan sebagian besar merupakan objek wisata hits dan kekinian yang instagramable. Tengok saja Pantai Parangtritis yang sudah tersohor, juga merupakan objek wisata Kabupaten Bantul. Nah, sekarang satu lagi tempat wisata unik dan langka yang hanya ada dua di dunia. Berikut serba serbi Gumuk Pasir yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini.

  1. Sejarah

Awalnya masyarakat di sekitar Gumuk Pasir ini acuh tak acuh dengan fenomena alam ini. Padahal sejatinya, Gumuk Pasir Jogja ini merupakan salah satu fenomena alam yang unik. Setelah kemudian banyak dari Ahli Geografi dari Universitas Gadjah Mada sering mengajak tamu-tamu asing mereka ke sini, kemudian terkenallah Gumuk Pasir ini. Gumuk sendiri dalam Bahasa Jawa berarti gundukan. Jadi Gumuk Pasir secara bahasa dapat juga diartikan Gundukan Pasir. Dan semua terjadi akibat angina dan tak lepas lokasi Gumuk Psir yang berada di antara Gunung Merapi, Kali Opak, Kali Progo, dan Parangtritis.

  1. Keunikan

Gumuk Pasir dinobatkan sebagai salah satu harta karun dunia karena keunikannya ini. Sebagai Negara Tropis, Indonesia memang tidak seharusnya memiliki wilayah gurun pasir yang nyaris persis seperti di daratan Timur Tengah. Bahkan fenomena Gumuk Pasir ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara dan hanya ada dua di Dunia, di Meksiko dan di Indonesia. Sehingga wajar jika banyak turis mancanegara berbondong-bondong kesini demi ingin menikmati keunikan alam ini.

  1. Lokasi

Gumuk Pasir berlokasi di Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Berawal dari perubahan material Gunung Merapi yang dibawa oleh arus sungai Opak menuju pesisir laut selatan, Gumuk Pasir ini berlokasi memanjang sekitar 15,7 kilometer dari muara Sungai Oapak hingga pesisir Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

4. Akses

Untuk menuju kesini, Anda hanya perlu melewati Jalan yang sama dari Kota Yogyakarta menuju Pantai Parangtritis. Waktu tempuhnya berkisar 40-60 menit. Ada pula jalan alternatif melalui Imogiri-Siluk-Parangtritis. Memang sedikit lebih jauh, namun Anda akan disuguhi pemandangan yang Indah dan juga makam raja-raja Mataram di Imogiri. Tak membawa kendaraan pribadi? Tenang saja, dari terminal Giwangan ada banyak angkutan umum menuju ke Parangtritis dengan tarif 10.000 rupiah saja tanpa oper.

5. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk setiap orang sebesar 3000 rupiah, dan parkir sepeda motor 2000 rupiah, Mobil 3000 rupiah, dan untuk bis sebesar 5000 rupiah.

  1. Sandboarding

Salah satu keunikan dari Gumuk Pasir Jogja yang satu ini adalah Sandboarding. Mirip dengan selancar di laut, hanya saja ini berselancar di pasir. Dan ini hanya bisa anda lakukan di Gumuk Pasir. Jika anda ingin mencoba sandboarding, disini sudah disiapkan papan luncur untuk anda sewa dengan harga 100.000 rupiah per 30 menit, 150.000 rupiah per 1 jam dan 200.000 rupiah untuk 2-4jam.

  1. gumuk pasir

Karena berada satu kawasan dengan Pantai Parangtritis, sudah otomatis segala fasilitas yang ada di Pantai ini dapat pula diakses oleh pengunjung Gumuk Pasir. Dan sebagai ikon wisata DIY, Parangtritis memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Untuk diingat, saat berkunjung ke Gumuk Pasir usahakan membawa perlengkapan seperti sunblock, sunglasses, dan topi, karena cuaca disini yang mirip seperti di padang pasir sungguhan.

 

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »