Sabtu , 17 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Gudeg Khas Jogja » Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding

Gudeg Manggar Manding

gudeg manggar mandingGudeg Manggar Manding – Kota Yogyakarta selain disebut sebagai kota pelajar, kota budaya, kota pariwisata, di sebut juga sebagai Kota Gudeg. Disebut Kota Gudeg karena makanan khas dari Kota Yogyakarta yaitu Gudeg. Gudeg adalah makanan yang berbahan dasar buah nangka muda yang dimasak dengan santan. Selain Gudeg yang berbahan dasar buah nangka muda, terdapat Gudeg yang berbahan dasar manggar. Manggar adalah bunga kelapa yang masih muda yang rasanya gurih. Cara memasak gudeg nangka dengan gudeg manggar sama bumbu dan prosesnya, hanya bahannya saja yang berbeda. Rasanya pun hampir sama yaitu manis dan gurih.

Penjual Gudeg nangka sangatlah banya, seperti di Jalan Wijilan yang menjadi pusat kuliner Gudeg. Disana terdapat rumah makan Gudeg Yu Djum yang sangat terkenal dan melegenda.  Tetapi penjual Gudeg Manggar tidaklah sebanyak gudeg nangka. Salah satu rumah makan yang menjual Gudeg Manggar yaitu rumah makan Gudeg Manggar Manding.

Rumah makan Gudeg Manggar Manding berada di Jalan Parangtritis km 11.5, Kadibeso, Sabdodadi, Bantul. Berada di jalur utama penghubung Kota Yogyakarta dengan Pantai Parangtritis, lokasinya di pinggir jalan sehingga mudah ditemui. Rumah makan Gudeg Manggar Manding merupakan rumah makan jawa yang berkonsep tradisional berpadu dengan modern. Di depan rumah makan dihiasi dengan kerajinan gerabah. Tempatnya bersih dan suasananya terasa nyaman.

Menu utama dari rumah makan ini jelas sekali yaitu gudeg manggar seperti namanya tetapi terdapat menu spesial lainnya, seperti brongkos, gurameh organik bakar madu, botok. Selain makananya juga terdapat minuman yang spesial yaitu teh batok, special juice fantasia green, teh poci, dll.

Untuk harga gudeg manggar disini relatif mahal tetapi rasanya sebanding dengan harganya. Harga untuk ramesan gudeg manggar telur dihargai Rp. 24.000, ramesan gudeg manggar ayam dada/ paha Rp. 39.000. Gudeg kendil 8 jam Rp. 190.000; gudeg kendil 24 jam Rp. 235.000, untuk paket gudeg mulai dari Rp. 50.000, sudah mendapat nasi putih, gudeg manggar (manggar, krecek, tahu bacem), ayam dada/paha, telur utuh, teh/jeruk, buah, air mineral.

Check Also

Tiwul makanan khas Gunungkidul

Tiwul Makanan Khas Gunungkidul Tiwul makanan khas Gunungkidul merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar ketela. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »