Selasa , 20 November 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Desa Wisata » Goa Tanding Yogyakarta

Goa Tanding Yogyakarta

Kemilau Keemasan Goa Tanding
goa tanding

Gunung Kidul memang sudah terkenal dengan wisata pantainya. Selain wisata pantai Gunung Kidul juga memiliki wisata Goa atau susur Goa. Yang sudah terkenal lebih dulu yaitu Goa Pindul. Di dekat Goa Pindul ternyata terdapat Goa yang tidak kalah menariknya, yaitu Goa Tanding. Goa yang eksotis cocok untuk kalian yang berjiwa petualangan.

Lokasi

Terletak di dusun Gelaran II, desa Bejiharjo Karangmojo. Letaknya kebetulan tidak jauh yaitu di sisi selatan dari Goa Pindul.

Sejarah

Dinamakan Goa Tanding karena penemu dari objek wisata tersebut adalah Mbah Harto Tanding. Beliau kebetulan sedang menggali tanah untuk membuat sumur, sampai kedalaman tertentu ternyata sumur tersebut menembus sungai bawah tanah yang berada di dalamnya. Setelah dilakukan penelusuran dan pemetaan akhirnya dibuatlah jalan masuk sekaligus jalan keluar untuk akses menuju Gua Tanding tersebut.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Dengan panjang sekitar 450 m dan kedalaman air sekitar 3 m. Wisatawan dapat menikmati keindahan Goa Tanding dengan menyusurinya menggunakan perahu karet yang telah disediakan oleh pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat.

Perahu yang bisa dinaiki 6 orang dewasa akan menelusuri sungai bawah tanah yang gelap tersebut. Dengan menggunakan cahaya senter, dinding dari sungai terlihat berkilauan seperti emas yang memantul.

Retribusi dan Jam Operasional

Untuk menyusuri Goa Tanding, pengelola sudah menyiapkan paket susur goa dengan perahu. Paket tersebut seharga Rp. 150.000/ orang, wisatawan sudah mendapatkan perlengkapan susur goa. perlengkapan tersebut seperti perahu karet, jaket pengaman, helm pengaman, sepatu karet, asuransi, terapi ikan, pemandu, dan 1 kali makan. Dengan durasi sekitar 1,5 jam wisatawan dimanjakan dengan keeksotisan stalagmit dan stalagtit.

Goa Tanding buka setiap hari dari jam 07.00 sampai jam 17.00. Waktu terbaik untuk mengunjung Goa ini yaitu pada waktu siang hari.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

One comment

  1. selamat siang @zazatourjogja untuk harga tiket Rp.150.000, /orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »