Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing

Cave Tubing Kalisucikalisuci

Kalisuci merupakan sebuah sungai yang berasal dari sumber mata air, terletak di dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu Gunungkidul. Merupakan ujung sungai terbuka dengan luas daerah aliran sungai mencapai lebih dari tiga puluh kilometer persegi. Dimana sungai tersebut masuk ke dalam perut bumi di Gua Kalisuci dan muncul ke permukaan lagi di Pantai Baron.

Nama Kalisuci sebenarnya merupakan sumber mata air yang terletak pada aliran sungai beberapa meter sebelum mulut gua Kalisuci. Sumber mata air ini dulunya digunakan masyarakat sekitar untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari, baik untuk minum, mandi, cuci dan lain-lain. Karena keunikan sungai ini (hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul). Maka penduduk setempat memanfaatkan sungai/goa Kalisuci sebagai wisata minat khusus yang menawarkan susur sungai (rafting) bawah tanah sekaligus susur goa (cave tubing). Keunikan lain yang dijumpai adalah fenomena bentukan bentang alam, karst permukaan berupa bentukan depresi yang runtuh yang membentuk goa-goa vertikal dan bentukan positif berupa bukit karst berbentuk kerucut. Sedangkan bawah permukaan berupa aliran sungai bawah tanah yang mengalir melalui goa-goa horisontal yang merupakan suatu sistem aliran sungai bawah tanah yang saling berhubungan satu-sama lain di kawasan karst Gunungkidul.

Menghanyutkan diri melewati sungai yang mengalir menyusuri goa-goa bawah tanah menjadi salah satu potensi wisata yang ditawarkan tempat ini. Ditemani pemandu Anda akan diajak masuk ke dalam goa Kalisuci dan Luweng Glatik (goa Glatik). Dengan menggunakan ban dalam serta dilengkapi dengan pelampung, pelindung kaki dan helm dengan senter sebagai sarana standar keselamatan. Goa ini cukup panjang dengan langit-langit juga cukup tinggi dan kedalaman sungai sekitar 2-3 meter. Sepanjang perjalanan juga akan banyak penjelasan dari pemandu. Demi menjaga ekosistem, di dalam goa tidak dilengkapi dengan penerangan dan juga dibatasi untuk pengunjungnya.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate ยป