Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Candi » Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong Yogyakarta

Candi Barong Yogyakarta

candi barongJogja, mendengar kata tersebut, pikiran kita pasti akan langsung membayangkan tempat wisata yang indah, kuliner dan pusat batik yang murah, serta kampus ternama yang ada di kota ini. Tidak heran apabila keadaan tersebut juga membuat Jogja mendapat sebutan sebagai kota pelajar dan juga kota gudeg. Selain itu, kota ini juga memiliki kekayaan destinasi wisata yang sangat beragam, terutama destinasi wisata sejarah. Mulai dari candi-candi kecil hingga bangunan candi yang megah dan masuk dalam salah satu daftar keajaiban dunia bisa Anda temui disini. Salah satu candi yang banyak menyimpan sejarah yaitu Candi Barong. Anda bisa berkunjung ke sini untuk sekedar menyegarkan pikiran ataupun memperkaya khazanah keilmuan Anda di bidang sejarah.

Candi Barong Yogyakarta, menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja, lokasi ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung kesini, berikut ini merupakan informasi yang disajikan mengenai Candi Barong di Yogyakarta.

  1. Lokasi Candi Barong Yogyakarta

Candi Baron berlokasi di perbukitan Batur Agung. Tepatnya berada di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Sejarah Candi Barong Yogyakarta

Nama candi ini diambil dari hiasan yang ada di sisi tubuh candi. Hiasan tersebut menyerupai singa atau barong, sehingga candi ini di beri nama Candi Barong.

Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-9 hingga ke-10 Masehi. Pada tahun 1913, candi ini ditemukan oleh seorang Belanda pada saat melakukan perluasan perkebunan tebu untuk mendukung produksi pabrik gula. Pada saat itu kondisi candi ini runtuh. Pemugaran candi selanjutnya dilakukan pada tahun 1987. Pemugaran sisi induk candi selesai pada tahun 1992 dan selanjutnya dilakukan pemugaran pada posisi talud dan pagar.

Candi Barong bercorak Hindu dan diperkirakan menjadi tempat pemujaan Dewa Wisnu. Hal ini juga diperkuat dengan ditemukannya arca Dewi Sri dan Dewi Laksmi. Selain itu,M juga terdapat hiasan kerang bersayap yang merupakan salah satu simbol Dewa Wisnu.

Halaman komplek candi ini terdiri dari tiga buah teras yang semakin tinggi ke bagian belakang. Pada teras tertinggi, terdapat sebuah selasar dan dua buah candi yang tidak memiliki jendela dan pintu. Candi pertama memiliki ukuran 8,20 meter x 8,20 meter dan tinggi 9,25 meter. Sedangkan candi kedua memiliki ukuran 8,25 meter x 8,25 meter dan tinggi 9,25 meter.

Di setiap sisi bangunan candi terdapat relung dengan hiasan kala dan makara. Teras tertinggi ini merupakan halaman yang paling suci. Keduanya terdapat perbedaan pada ragam hias dan arcanya. Hal tersebut yang menyebabkan muncul dugaan bahwa candi pertama diduga di bangun untuk pemujaan dewa Wisnu dan candi kedua digunakan untuk pemujaan Dewi Sri.

  1. Kondisi Lingkungan Sekitar Candi Barong

Kondisi lingkungan di sekitar candi ini dikelilingi oleh bukit. Akses jalan menuju lokasi ini menanjak. Candi ini terletak di area permukiman penduduk.

  1. Cara Menuju Lokasi Candi Barong

Apabila Anda berasal dari arah Yogyakarta, Anda harus mengikuti Jl. Solo sampai tiba di Prambanan. Tepat di kanan tugu perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah, ada sebuah jalan. Jalan tersebut akan membawa Anda menyeberangi rel kereta, dan selanjutnya Anda akan melewati SMPN 2 Pereng. Setelah itu Anda akan melalui jalan yang menanjak bukit, di bukit tersebut akan ada beberapa papan petunjuk yang memberi arah ke candi Barong. Ikutilah petunjuk yang ada pada papan tersebut hingga Anda sampai di tempat tujuan.

  1. Fasilitas Umum Di Candi Barong

Area candi ini menyediakan area parkir yang luas, sehingga Anda bisa memarkir kendaraan dengan mudah. Dikarenakan berlokasi di area perumahan, Anda juga akan mudah menemui warung di luar komplek candi. Namun karena tidak tersedia toilet dan mushola, Anda bisa memanfaatkan rumah di sekitar candi apabila ingin ke kamar mandi ataupun hendak sholat.

untuk anda yang berada di bandung dan sedang merencanakan bulan madu, anda bisa memesan paket Honeymoon Bandung dari tour and travel, dan untuk anda yang berada di bali dan sedang mencari tempat sewa mobil di bali, anda bisa klik link tersebut dan anda akan masuk ke website official.

Check Also

Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta Candi Kalasan – Sejak zaman dahulu, Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »