Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul Yogyakarta

Germelapnya Alun-alun Kidul Yogyakartaalun-alun kidul

Anda tidak perlu bingung jika berwisata malam hari di Jogja. Beragam tempat ramai, khas dan menyenangkan ada di Jogja. Salah satunya di alun-alun kidul (selatan) Yogyakarta. Jika malam tiba, alun-alun kidul akan ramai dengan adanya becak lampu atau becak hias, ada juga yang menyebutnya becak led.

Lokasi

Alun-Alun selatan atau kidul (dalam bahasa Jawa) yang biasa disebut Alkid, berlokasi di Jalan Alun-Alun Kidul, Patehan, Keraton, Kota Jogja atau disebelah belakang Keraton Yogyakarta. Tidak jauh dari malioboro, anda tinggal naik becak sekitar 10 menit atau naik andong sudah sampai di Alkid.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Alun-Alun itu sendiri merupakan suatu lapangan terbuka yang sangat luas dan berumput. Aktvitas yang dapat dilakukan di Alun-Alun Kidul sangat beragam. Pada sore hari Alkid juga dimanfaatkan untuk latihan bela diri, panahan atau aktivitas olahraga lainnya. Ketika sore hari para penjual makanan ringan atau jajanan sudah mulai berdatangan, anda juga dapat berwisata kuliner. Pada Malam hari Alun-Alun Kidul Mulai ramai karena terdapat becak hias lampu atau becak led yang siap disewa untuk memutari Alun-Alun Kidul.

Becak led yang ada sangat beragam mulai dari ikon tokoh kartun seperti Doraemon, Hello Kitty, Angry Bird menjadi hiasan bentuk lampu yang tertempel di becak. Yang terbaru adalah becak dengan bodi vw kodok dan combi. Dengan 4 tempat duduk dewasa laiknya mobil sedan, dilengkapi pengayuh kaki di setiap kursi dan 1 setir di sisi kanan. Tarif untuk menyewa becak led ini bekisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 per sekali putaran.

Belum puas mengayuh becak, anda bisa mencoba masangin yaitu berjalan dari sisi utara alun-alun menuju sisi sebaliknya dengan mata tertutup rapat bertujuan melewati tengah-tengah dua pohon beringin kembar yang berdiri kokoh di tengah alun-alun. Kegiatan ini mengasyikan dan kadang membuat lucu yang melihatnya karena seringkali orang yang berjalan melenceng jauh dari target.

Mitos masyarakat pada jaman dahulu, ada seorang putri yang cantik jelita yang banyak diperebutkan pemuda. Karena saking banyaknya pemuda yang ingin mempersunting putri, maka dibuatlah sayembara atau lomba. Bagi siapa saja yang bisa berjalan tertutup melewati 2 pohon beringin akan bisa mempersunting putri tersebut. Hampir semua peserta gagal karena tidak bisa melewati jalan yang terlihat mudah tersebut, sampai akhirnya salah seorang pemuda yang berhati baik dan tulus yaitu anak Prabu Siliwangi berhasil melewati 2 pohon tersebut. Mitos tersebut menambah sakral kegiatan masangin yang semakin hari semakin marak.

Wisata Kuliner

Wisata kuliner seperti wedang ronde, jagung bakar, wedang bajigur dengan menggelar tikar lesehan akan melengkapi gemerlap malam anda di alun-alun kidul. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga yang ditawarkan oleh pedagang memang untuk kalangan biasa.

Check Also

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) Wahana Wisata Baru di Jogja Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan wahana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »