Kamis , 20 September 2018
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Kedung Kandang Air Terjun

Kedung Kandang Air Terjun

Kedung Kandang Air Terjunkedung kandang

Meskipun wilayah Gunung Kidul dikenal sebagai daerah yang tandus, namun daerah ini mampu menyumbangkan destinasi wisata alam terbanyak di Jogja. Gunung kidul terkenal dengan pantai dan keindahan terumbu karangnya serta  goa-goa  dengan bentuk yang indah dan eksotis. Selain terkenal dengan pantai dan goanya, masih ada satu lagi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi yaitu air terjun. Gunung kidul memiliki banyak air terjun yang indah Mulai dari Air Terjun Sri Gethuk, Sendang Tahunan dan  Air Terjun Banyunibo dan yang terbaru adalah Air Terjun Kedung Kandang. Berbicara mengenai air terjun yang satu ini, Berikut beberapa informasi penting mengenai Air Terjun kedung Kandang, simak ulasannya.

Baca Juga : Monjali : Monumen Jogja Kembali

  1. Lokasi

Letak wisata air terjun ini berada di persawahan Bendo, dusun Sendang Sari, Desa Putan, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Letaknya tidak jauh dari gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran.

  1. Keunikan

Wisata Air terjun yang terletak di Jogja ini mempunyai ciri khas yang sangat unik, mulai dari tebing-tebing batu vulkanik dan hamparan padi menghiasi wisata air terjun ini, dan sangat jarang ditemui ditempat lain. Di tempat ini terdapat 3 kedung dengan 6 tingkatan air terjun dengan kedung kandang berada paling bawah dan paling besar, disusul dengan kedung temanten dan kedung keris di atasnya.

  1. Hal yang perlu diketahui

Air terjun kedung kandang adalah air terjun yang dapat ditemui di kala musim hujan saja. Jika kalian ingin berlibur ke tempat ini kami sarankan untuk datang ketika musim hujan tiba. Karena saat musim kemarau tiba, air ditempat ini sama sekali tidak mengalir, jadi tidak dapat dinikmati di waktu musim kemarau.

  1. Aktivitas yang bisa dilakukan

Selain menikmati keindahan alam air terjun, disini anda dapat melakukan aktivitas sama seperti air terjun yang ada ditempat lain.mulai dari mandi, bermain air, hingga berselfie dengan backround keindahan alam sekitar air terjun yang sangat indah mempesona Dengan diiringi suara gemericiknya air yang jatuh dari atas tebing, menambah keasyikan tersendiri.

  1. Fasilitas yang ada

Ditempat ini fasilitas masih tergolong minim, Mungkin karena tempat ini masih tergolong baru, dan jauh dari pusat kota Jogja. Hanya saja, jika  anda datang pada akhir pekan atau hari libur, biasanya ada beberapa warga yang menjaga parkir di dekat lapangan voli. Dan jika tidak ada anda jangan khawatir. Karena anda dapat menitipkan kendaraan dirumah warga sekitar.

  1. Tiket masuk

Untuk saat ini, masuk ke tempat air terjun ini masih gratis, termasuk biaya parkir kendaraan anda. Hanya saja, nanti disana ada kotak sukarela untuk biaya parkir dan perawatan jalan. Relatif murah bukan? Ya,  Mungkin karena masih tergolong baru dan hanya dikelola oleh karang taruna desa setempat, bekerja sama dengan desa wisata Nglanggeran.

  1. Rute menuju Air Terjun Kedung Kandang

Bila anda datang dari arah kota Jogja, anda bisa melewati jalan wonosari. terus naik menuju kecamatan pathuk, sebelum SMP N Pathuk anda ambil kiri menuju dusun bobung. setelah sampai di perempatan ambil kiri, nanti bertemu warung mie “Mbak Nining” kemudian ambil ke arah kiri.

Setelah itu nanti ketemu lapangan voli yang berada disebelah pintu masuk air terjun. Dan anda dapat menitipkan kendaraan anda disana. Setelah anda sampai dilokasi pintu masuk wisata air terjun ini, pengunjung bisa bertolak kearah timur dari pegunungan Nglanggeran. Sejauh 2,5 kilometer. Sepanjang jalan tersebut pengunjung disambut dengan bebatuan dan areal pertanian. Dan setelah menemui jalan menurun di sebuah jembatan ambil ke kanan. Dan sebuah papan penunjuk ke arah air terjun kedung kandang sudah terlihat disana.

Dengan bekal dan rencana yang matang, kunjungan anda ke Air Terjun Kedung Kandang, dipastikan bakal meninggalkan kenangan yang sulit untuk dilupakan. Mulai dari rute perjalanan yang menghibur, hingga suara gemericiknya air terjun penuh arti kenangan.

 sebelum artikel ini saya tutup, untuk anda yang sedang berwisata ke bandung anda bisa anda bisa sewa mobil di bandung, dan untuk anda yang sedang berwisata di bali, anda bisa sewa mobil di bali, oke sampai disini dulu perjumpaan artikek kita kali ini, jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami.

Check Also

Bukit Lintang Sewu

Bukit Lintang Sewu Daerah Dlingo Bantul memang tidak ada habisnya untuk dibahas, setelah maraknya spot …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »