Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi

TAMAN TEBING BREKSI
Taman Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jogjakarta yang tengah ramai diperbincangkan di sosial media.Taman Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja yang berhasil menarik perhatian banyak orang.Taman ini merupakan tebing yang menjulang tinggi dan gagah yang berbentuk eksotis yang merupakan bekas penambangan. Taman Tebing Breksi Terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Berada di kawasan Candi Ijo (kurang lebih 1 kilometer sebelah utara Candi Ijo). Diresmikan oleh Gubernur Jogjakarta, Hamengku Buwono X pada Tanggal 30 Mei 2015.
Sebelumnya Taman Tebing Breksiini merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran, dan menjadi area penambangan batu kapur yang luas namun sudah ditutup sejak tahun 2015 karena setelah dilakukan penelitian, tebing tinggi tersebut masuk sebagai situs Geoheritage Candi Ijo yang harus dilestarikan dan dilindungi.sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 m. Para wisatawan yang hendak berkunjung ke Candi Ijo menyempatkan diri mampir ke tempat ini untuk sekedar berfoto-foto, untuk di abadikan menjadi sebuah momen yang indah.
Jika diamati, untuk sebagian daerahnya masih tersisa tebing kapur yang menjulang tinggi, bekas galian penambangan itu membuat guratan-guratan di batu yang membuatnya seperti ukiran.Taman Tebing Breksi menjadi salah satu daya tarik wisata di Jogja, karena mempunyai bentuk yang unik, akan tetapi sebelum menjadi tempat wisata kawasan ini merupakan area pertambangan yang merupakan mata pencaharian wargasekitar.Mulanya, bukit ini hanyalah

Taman Tebing Breksi juga menawarkan pemandangan lanskap yang sangat eksotis dan luar biasa. Dari atas tebing, wisatawan dapat melihat Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong yang dilatari oleh gagahnya Merapi. Tebing yang sangat mirip dengan brown canyon yang ada di Semarang ini pun menawarkan panorama syang sangat menggoda bagi yang melihatnya.
Untuk menuju lokasi Taman Tebing Breksi jogja, dari pertigaan Candi Prambanan atau Pasar Prambanan, sekitar 2,5 km kemudian berbelok ke kiri mengikuti arah penunjuk jalan yang sudah ada. Sedangkan dari arah selatan (Jalan Wonosari), dari pertigaan Piyungan ke arah utara sekitar 6 km. Sekitar 1 km dari Jl Prambanan-Piyungan ke arah timur atau arah Candi Ijo, sudah sampai lokasi.
Melihat pengunjung yang terus berdatangan, diubahlah Tlatar Seneng menjadi taman wisata baru. Bagian depan Taman Tebing Breksi yang ditambang dibuat panggung pentas permanen dengan tempat duduk dari batu dibuat melingkar. Sorot lampu yang ada di sekitar panggung dengan latar belakang tebing menjadikan panggung di dalam bebas itu terasa megah.

Check Also

Pasar Beringharjo

PASAR BERINGHARJO Banyak yang bilang bahwa pasar terlengkap di Jogja adalah Pasar Beringharjo,terletak di Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *