Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Sejarah & Budaya » Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Tempat Pemandian Pemasuritaman sari

Jogja memang dikenal sebagai salah satu kota yang menawarkan aneka tempat wisata yang sangat menarik. Sehingga, tidak heran jika kota Gudeg ini selalu ramai oleh para wisatawan dari luar kota maupun mancanegara. Bahkan, di Jogja sendiri juga terdapat berbagai macam objek wisata yang terbilang lengkap. Sebut saja, wisata alam, wisata pantai, wisata bahari, sampai dengan wisata sejarah pun juga ada di kota Jogja. Jika berbicara soal wisata sejarah, maka rasanya ada yang kurang kalau tidak menyebut yang namanya Taman Sari Jogja. Objek wisata taman ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di kota Pelajar.

Baca Juga :  Candi Sambisari Jogjakarta

  1. Sejarah

Pada awalnya, Taman Sari yang sering kita kenal adalah bangunan bekas dari taman Keraton Yogyakarta. Konon katanya, bangunan dari taman tersebut dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I, tepatnya pada tahun 1758-1765. Sebenarnya, dulunya taman tersebut mempunyai luas sekitar 10 hektar. Bahkan di dalam taman tersebut juga terdapat berbagai macam ruangan seperti kolam pemandian, danau buatan, dan lorong bawah air. Selain itu, di dalamnya juga terdapat jembatan gantung, kanal air, hingga pulau buatan ada di sini. Akan tetapi, sayangnya saat ini bangunan-bangunan tersebut sudah tidak lengkap lagi.

  1. Daya tarik

Salah satu daya tersendiri dari taman bekas keraton Jogja ini adalah di dalamnya terbagi menjadi empat bagian. Bagian pertama ketika menginjakkan kaki di taman ini, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan danau buatan yang terletak di sebelah barat. Setelah disuguhkan oleh pemandangan danau buatan, lalu kamu bisa datang ke sebelah selatan yang terdapat kolam ataupun pemandian Umbul Binangan. Sedangkan yang ketiga yaitu kamu akan sambut oleh pemandangan Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati yang terletak di selatan. Sedangkan bagian terakhir yang paling menjadi daya tarik dari taman ini adalah terdapat kompleks Magangan.

  1. Fasilitas

Jika berbicara masalah fasilitas yang ada di tempat ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, di objek wisata yang satu ini mempunyai fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari toilet, tempat parkir yang luas, tempat beribadah, sampai tempat untuk penginapan pun sudah disediakan di tempat ini.

Jika ingin mengetahui sejarah taman secara detail, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang sudah di sediakan di tempat ini. Selain itu, di sini juga memfasilitasi toko oleh-oleh dan toko cinderamata.

  1. Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk

Jika ingin berencana liburan ke objek wisata Taman Sari ini, diusahakan kamu jangan datang pada sore hari. Sebab, jam buka dari taman nasional yang ada di Jogja ini dimulai dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Sedangkan untuk tiket masuk dari objek wisata yang satu ini adalah sebesar Rp. 3.000,00 buat wisatawan lokal. Jika buat wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya yang lebih mahal, yaitu sekitar Rp. 7.000,00 per orang.

  1. Wisata Dekat Taman Sari

Jika belum puas menikmati keindahan dari Taman Sari, kamu bisa mengunjungi objek wisata yang ada di sekitarnya. Ada beberapa objek wisata di sekitar taman yang tidak kalah menariknya. Bahkan lokasinya pun sangat berdekatan dari taman nasional Jogja. Sebut saja objek wisata Pasar Ngasem, Alun-alun Selatan, Batik Rumah, hingga Plengkung Gading pun bisa kamu kunjungi.

  1. Rute jalan

Lokasi dari taman nasional Jogja ini terbilang sangat strategis, yaitu berada di dekat alun-alun Selatan Jogja. Jika berangkat dari Malioboro, kamu cukup jalan menuju ke selatan yaitu arah Keraton Yogyakarta ataupun arah alun-alun utara Jogja. Setelah itu, kamu bisa ambil jalan yang berada di sebelah barat dari alun-alun. Bila menemukan perempatan pertama, kamu bisa belok kiri dan ikuti jalan tersebut.

  1. Lokasi

Lokasi Taman Sari ini yaitu berada sekitar 2 kilometer dari objek wisata Malioboro, tepatnya terletak di Jalan Taman, Keraton, Yogyakarta.

 

dan untuk anda yang saat ini sedang mencari tempat bulan madu, dijogja juga bisa menjadi pilihan anda selain Bali Villa Honeymoon dan Honeymoon bandung. jogja memang tempatnya wisata.

Check Also

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Ngalenggeran Gunung Api Purba atau Gunung Nglanggeran merupakan salah satu Gunung aktif sekitar 60 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »