Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Alam » Sri Gethuk Air Terjun Yang Mempesona

Sri Gethuk Air Terjun Yang Mempesona

Sri Gethuk Air Terjun Yang Mempesona

sri gethukSeolah-olah tidak ada habisnya. Setiap daerah yang berada di wilayah Yogyakarta terus mengeksplorasi daya tarik masing-masing. Baik itu berupa situs sejarah, deretan pantai dengan hamparan pasir putih yang indah, ataupun panorama hijau-biru alam yang asri. Tidak hanya berhenti sampai di sana, destinasi wisatapun kian genap dilengkapi dengan adanya air terjun Sri Gethuk. Ya, hadirnya wisata air terjun ini menandakan bahwa Yogyakarta layak menyandang status sebagai kota pariwisata terlengkap di Indonesia. Sehingga tidak asing lagi apabila banyak wisatawan domestik atau mancanegara yang hilir-mudik menjenguknya. Turut berlomba-lomba ingin mencicipi setiap relung panorama dan eksotisnya destinasi wisata yang tersedia di Jogja. Sangat layak sekali apabila kota pariwisata ini dipromosikan keberbagai belahan dunia. Sudah barang tentu ini adalah suatu kebanggaan tersendiri. Eh, kok jadi penasaran dengan air terjun Sri Gethuk-nya ya. Ada dimana si wisata air terjun itu?

Baca Juga : Hutan Pinus Bantul

Sri Gethuk Air Terjun Yang Mempesona

Spesial teruntuk anda pelancong akut dan yang belum pernah mengunjungi destinasi wisata air terjun Sri Gethuk. Anda wajib mengetahui beberapa informasi penting mengenai wisata tersebut. Adapun beberapa hal yang harus ketahui sebelum mengunjungi destinasi wisata air terjun tersebut ialah:

  1. Lokasi Wisata

Destinasi wisata air terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Akses Menuju Wisata

Rute untuk menuju wisata air terjun Sri Gethuk, apabila anda berangkat dari Yogyakarta. Yakni dari Jogja melalui arah menuju Wonosari. Setelah sampai di daerah pertigaan Gading, nanti anda meneruskan perjalanan dengan jalur jalan menuju Paliyan. Jarang tempuh yang anda lewati kurang lebih 1,5 km, kemudian akan menemukan sebuah papan petunjuk arah menuju wisata air terjun Sri Gethuk. Sebagai alternatif lainnya, yakni anda juga dapat menggunakan panduan google maps untuk mencapai objek wisata ini.

  1. Harga Tiket

Budget untuk memasuki destinasi wisata ini cukuplah murah, yakni anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 7.000,-/orang. Harga tiket masuk tersebut termasuk untuk mengunjungi wisata Gua Rancang Kencono. Cukup terjangkau bukan?

  1. Fasilitas

Di antara fasilitas yang tersedia di wisata ini ialah sebagai berikut:

Apabila anda ingin naik rakit, maka anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000,-/orang

Untuk berenang anda bisa menyewa ban seharga Rp. 2.000,-

Untuk pengunjung yang hendak menyusuri area destinasi wisata, pengelola menyediakan kapal. Biaya untuk menyewa kapal ialah berkisar Rp. 10.000,-/orang.

  1. Sejarah Wisata

Asal-usul istilah “Gethuk” oleh masyarakat lokal dikatakan berasal dari nama “kethuk”. Dalam kepercayaan masyarakat lokal nama kethuk sendiri merupakan istilah yang diberikan untuk i gamelan. Salah satu instrumen yang dimiliki oleh jin Anggo Meduro. Kebetulan alat musik tersebut dikatakan disimpan di area wisata air terjun tersebut. Dikenal lah destinasi wisata air terjun tersebut sebagai air terjun Sri Gethuk. Percaya atau tidak, masyarakat setempat terkadang suka mendengar suara tabuhan gamelan dari arah air terjun itu.

  1. Keunikan Wisata

Keunikan yang terdapat di destinasi wisata ini ialah terletak pada eksotis dan jernihnya sungai yang mengalir di antara celah tebing-tebing yang tinggi. Bahkan apabila anda beruntung anda dapat menyaksikan indahnya bentangan pelangi yang melintas di atas air terjun yang deras tersebut.

  1. Tips Untuk Berlibur di Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Adapun untuk anda yang hendak berkunjung ke wisata air terjun Sri Gethuk ialah sebagai berikut:

Untuk menuju wisata ini akan lebih nyaman apabila anda menggunakan kendaraan pribadi atau dapat menyewa kendaraan.

Pastikan anda membawa pakaian ganti

Alangkah baiknya anda juga menggunakan sandal gunung, ataupun sepatu flat.

dilombok anda mungkin akan banyak menemukan wisata seperti lombok tours dan sewa mobil lombok, namun di jogja juga banyak, jadi anda tidak perlu khawatir lagi karena di jogja merupakan surganya wisata.

Check Also

Kebun Bunga Matahari yang Indah

Kebun Bunga Matahari Samas Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata favorit bagi sebagian orang. Tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »