Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background

Sate Klathak

Sate Kambing Khas Yogyakarta

Jika Anda ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk menikmati Sate Klathak. Kuliner ini wajib dicoba, bukan cuma nikmat, sate klathak juga unik. Apabila anda berkunjung ke daerah Bantul, Yogyakarta tepatnya di jalan Imogiri Timur tersebut banyak berjajar warung makan yang menyajikan menu sate klatak.
Kalau Anda penasaran cobalah mampir ke warung sate klathak Pak Pong yang tiap hari selalu ramai pengunjung. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak menggunakan tusuk dari batang bambu melainkan jeruji besi sepeda. Jeruji besi berfungsi sebagai penghantar panas yang baik membuat daging matang hingga ke bagian dalam. Ukuran potongan daging kambingnya lebih besar dua kali dari sate biasa.

Lezatnya Bumbu Minimalis ala Klatak

Keunikan lainnya pada bumbu sate yang lazimnya menggunakan kacang atau kecap manis, tetapi sate ini hanya dibumbui garam saja. Penyajiannya yang tak kalah unik adalah menggunakan kuah gulai. Akan bertambah nikmat lagi apabila menyantap sate klatak dengan sajian tambahan tongseng dan tengkleng kambing.
Tongseng yaitu daging kambing yang dimasak menggunakan kuah gulai ditambah kecap dan cabe rawit yang diiris. Sedangkan tengkleng adalah tulang kambing yang dimasak gulai. Ketika daging berada di atas bara api, akan terdengar letupan-letupan kecil yang berbunyi klatak-klatakĀ. Konon dari sinilah asal mula nama Sate Klathak. Diambil dari suara letupan khas yang timbul ketika sate dibakar.

Check Also

Legitnya Jadah Tempe Kaliurang

Berkunjung ke Jogja tanpa mencicip kuliner khas tak akan lengkap rasanya. Apalagi jika anda mengunjungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *