Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo

PASAR BERINGHARJO

Banyak yang bilang bahwa pasar terlengkap di Jogja adalah Pasar Beringharjo,terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta. Pasar tertua dengan nilai historis dan filosofi yang tidak dapat dipisahkan dengan Keraton YogyakartaYogyakarta karena telah melewati tiga fase, yakni masa kerajaan, penjajahan, dan kemerdekaan.
Karena dibangun sejak zaman kolonial, bangunan Pasar Beringharjo, ini identik dengna interior bangunan arsitek kolonial dan tradisional Jawa. Bahkan gerbang depannya masih menggunakan tulisan Jawa dan aksara latin.
Secara umum, pasar ini terdiri dari dua bangunan yang terpisah yaitu bagian barat dan bagian timur. bangunan yang kedua di bagian timur terdiri dari tiga lantai, sedangkan bangunan utama di bagian barat terdiri dari dua lantai. Pintu masuk utama pasar ini atau pintu gerbang terletak di bagian barat, tepat menghadap Jalan Malioboro, merupakan bangunan yang memiliki ciri khas kolonial bertuliskan Pasar Beringharjo menggunakan aksara Latin dan aksara Jawa.
Nama Bringharjo sendiri diberikan oleh Hamungku Buwono IX yang artinya wilayah yang yang semula pohon beringin (bering) dan diharapkan menjadi kesejahteraan (harjo), itulah asal muasal disebut dengan Pasar Beringharjo.
Jika anda berkunjung ke Pasar Beringharjo, terdapat banyak jenis barang yang dapat dibeli di Pasar Beringharjo,, mulai dari batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji, bahan dasar jamu tradisional, sembako hingga pernak pernik antik. Di sini juga terdapat banyak kuliner pasar, mulai dari Kue Kipo, Pecel Urap, Legomoro, hingga Mendut Dan Mega Mendhung.Karena letaknya yang sangat strategis berdekatan dengan Malioboro dan Benteng Vredeburg ini menjadikan Pasar Beringharjo Banyak didatangi dan menjadi tujuan wisatawan
Bagi anda para pecinta belanja atau shopping, Pasar Beringharjo, merupakan tempat yang tepat. Bagaimana tidak, pasar yang tidak pernah sepi ini menyajikan berbagai barang jualan dengan sistem tawar-menawar ala pasar tradisional pada umumnya. Harga yang ditawar pun bisa sampai dengan hampir tiga per-empat dari harga yang ditawarkan mula-mula oleh penjual di Pasar Bringharjo, terutama untuk membeli batik, harga nya sangat extra murah.

Check Also

Taman Tebing Breksi

TAMAN TEBING BREKSI Taman Tebing Breksi merupakan salah satu destinasi wisata baru di Jogjakarta yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *