Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Pantai Wediombo Gunungkidul

Pantai Wediombo Gunungkidul

Laguna Pantai Wediombo Yang Mempesona

pantai wediomboPernahkah anda berenang di kolam renang alami dengan air laut? Kalau belum, cobalah sekali-kali berkunjung ke pantai Wediombo. Pantai yang terletak di desa Jepitu kecamatan Girisubo Gunungkidul ini menawarkan suasana yang lain dari pantai-pantai indah di sepanjang jalur selatan Gunungkidul. Nama Wediombo yang berarti hamparan pasir yang luas nampaknya kurang pas dengan keadaan aslinya pantai menurut penulis. Walaupun pasir putih khas pantai selatan juga terhampar di bibir pantai, tetapi dominasi karang dan bebatuan terlihat lebih mencolok di pantai ini.

Bebatuan yang langsung bersentuhan dengan air laut menjadi tempat yang nyaman bagi pemancing dan juga menjadi rumah bagi biota laut di dalamnya. Maka tak heran jika dari jaman dahulu pantai Wediombo lebih dikenal sebagai spot memancing oleh penduduk sekitar. Sampai saat ini pun kegiatan memancing di pantai ini semakin ramai. Terbentuknya bebatuan dengan permukaan yang tidak rata menyebabkan deburan ombak yang menuju ke daratan terperangkap tidak bisa kembali ke laut.

Fenomena alam itu disebut laguna. Laguna di pantai Wediombo lumayan besar dengan titik terdalam sekitar 1,5 m. Air di laguna terlihat berkilauan terkena sinar matahari yang memantul. Ombak bergulung terbentur bebatuan berlomba melompat memasuki laguna sebelum tertarik menuju samudera. 3 orang pemuda terlihat tak sabar menceburkan diri di laguna. Seorang perempuan terlihat sedang selfie dengan background laguna yang sangat bening.

Penakluk ombak akan datang di akhir pekan untuk bersurfing. Mereka datang dari berbagai daerah ingin mencoba menaklukkan ombak di pantai Wediombo. Beberapa wisatawan asing juga terlihat sedang berselancar dengan ombak yang bergulung. Jika anda belum bisa berselancar, jangan khawatir karena di pantai ini ada kawan-kawan dari Wediombo Surfing Society (WOSS) yang menyewakan peralatan surfing dan siap mengajari anda berselancar. Dengan posisi pantai yang menghadap ke barat, anda bisa menjadi saksi matahari tenggelam di ufuk senja. Begitu lengkapnya aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Wediombo.

Courtesy picture: IG @syiwaaaak

Check Also

Pantai Krakal Favorit Surfing

Pantai Krakal Favorit Surfing Para wisatawan yang berwisata ke Yogyakarta tidak bosan mengunjungi pantai-pantai yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »