Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Angkringan & Warung Tenda » Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek Mbah Mendes

Mie Lethek Mbah Mendes

Yogyakarta memiliki 4 kabupaten yang setiap kabupaten memiliki makanan tradisional/khas. Mie Lethek merupakan makanan tradisional dari kabupaten Bantul yang terbuat dari tepung tapioka (ketela). Dinamakan mie lethek karena lethek karena mie nya berwarna lethek, lethek berarti kusam atau kotor dalam bahasa Indonesia. Kuliner unik ini harus anda coba ketika berkunjung ke Yogyakarta.Salah satu warung mie lethek yang terkenal yaitu Mie Lethek Mbah Mendes yang beralamatkan di Jl. P. Mangkubumi No.22, Gowongan. Jalan Mangkubumi berada diantara Tugu Jogja dan Stasiun Tugu Jogja, jalan Mangkubumi juga terkenal dengan angkringannya di malam hari. Buka dari jam 16.00-22.30. Dengan tagline “teka pisan dadi tuman” yang artinya datang sekali menjadi datang berkali-kali, menjadikan warung ini tidak pernah sepi pengunjung karena memang mienya mbah mendes enak dan harganya terjangkau.

Menu yang ditawarkan warung mie mbah mendes yaitu mie godog, mie goreng, plencing godok, plencing goreng, magelangan, nasi goreng mendes, omlet mendes, es teh, es jeruk, kopi, wedang secang, wedang jahe dan wedang uwuh. Untuk harga mienya semua Rp. 18.000/ porsi, dan minumannya dari Rp. 5.000 – Rp. 7.000 tentu harga yang murah kan.

mie lethek mbah mendes mie lethek mbah mendes

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara pembuatan mie lethek mbah Mendes masih tradisional yaitu penggilingannya dibantu oleh sapi dan cara mengoven masih menggunakan pengapian sederhana dan penjemurannya di bawah sinar matahari. Bentuk mie nya seperti mie bihun, proses pembuatannya tidak menggunakan pengawet. Pada pengolahannya juga tidak menggunakan msg. Jadi mie lethek ini merupakan mie yang tradisonal segkaligus sehat.

Check Also

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto Mangut Lele Mbah Marto menjadi salah satu menu yang wajib dicoba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »