Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Angkringan & Warung Tenda » Romansa Malam di Angkringan Kopi Joss Tugu Lik Man

Romansa Malam di Angkringan Kopi Joss Tugu Lik Man

Kuliner khas di Jogja selain gudeg adalah angkringan. Nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang atau kertas dengan porsi tanggung menggunakan lauk sambal teri atau oseng tempe adalah menu utama angkringan. Nasi kucing adalah julukan terkenal untuk menu itu. Dengan lauk aneka gorengan seperti tempe, tahu isi, jadah, aneka sate menjadi pelengkap menu angkringan atau nasi kucing.
Diantara ratusan penjual angkringan yang ada di Jogja ada angkringan yang sangat terkenal yaitu angkringan Tugu. Disebut begitu karena awal mula lokasi angkringan berada di utara stasiun tugu Jogja. Saat ini belasan angkringan berjualan berjajar di sepanjang trotoar sisi kiri dan kanan jalan Mangkubumi atau Margoutomo karena memang animo masyarakat yang begitu tinggi terhadap kuliner khususnya angkringan.
Salah satu angkringan tertua dan yang terkenal adalah angkringan Lik Man yang berlokasi tepat di sisi utara dinding stasiun Tugu. Buka mulai pukul 17.00 sampai dini hari dengan dua bakul dan penghubung dari bambu berfungsi untuk memikul angkringan tersebut. Ciri khas dari angkringan Lik Man atau angkringan Tugu adalah menu kopi joss. Kopi joss adalah kopi tubruk yang diseduh menggunakan air panas dan toping dari kopi itu yaitu bara panas arang yang digunakan untuk merebus air. Ketika bara arang dimasukkan kedalam gelas kopi, maka akan terdengar suara joss dari air yang menguap terkena bara. Angkringan Tugu sangatlah pas untuk menghabiskan malam di Jogja bersama teman, keluarga maupun relasi sembari bersantai menikmati suasana khas Jogja.

Check Also

Legitnya Jadah Tempe Kaliurang

Berkunjung ke Jogja tanpa mencicip kuliner khas tak akan lengkap rasanya. Apalagi jika anda mengunjungi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *