Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Candi » Candi Sambisari Jogjakarta

Candi Sambisari Jogjakarta

Candi Sambisari, Candi Yang Tersembunyi Di Bawah Tanah

candi sambisariCandi Sambisari Jogjakarta merupakan candi peninggalan kerajaan hindu yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Garung. Candi ini di bangun sekitar tahun 812-838 M. Letaknya dibawah permukaan tanah sekitar 6,5 meter, karena itu tidak akan tampak jika dilihat dari kejauhan. Diperkirakan pada zaman dahulu pernah terjadi letusan gunung merapi, sehingga tertimbun be-batuan dan pasir di lokasi ini. Oleh karena itu posisinya lebih rendah dibandingkan dengan permukaan tanah. Namun kini candi sambisari Jogjakarta telah banyak mengalami rekonstruksi, baik di lokasi maupun di sekitar candi. Dengan penataan yang rapi, terbentuklah lahan persegi panjang dengan empat tangga yang terdapat disisi candi.

Candi Sambisari Jogja merupakan candi yang begitu unik dan menarik, banyak sekali hal-hal lain yang tidak ditemukan di candi lain, penasaran? Yuk kita simak bersama:

1.Sejarah Candi Sambisari

Di masa lampau, kawasan utara Yogyakarta dikenal sebagai pusat peradaban dari Kerajaan Mataram kuno. Sehingga tidak heran apabila banyak ditemukan candi-candi yang dulunya digunakan sebagai tempat pemujaan maupun simbol prasasti dari kerajaan.

Saat candi-candi yang lain sudah berhasil ditemukan, candi ini masih menikmati masa istirahatnya di dalam tanah. Hingga di suatu pagi tahun 1966, ada seorang petani yang bernama Karyowinangun sedang mencangkul dan akhirnya menemukan salah satu bagian candi ini.

Setelah dilakukan penelitian oleh Dinas Kepurbakalaan, akhirnya dilakukan ekskalasi candi. Ekskalasi dan rekonstruksi bangunan Candi Sambisari membutuhkan waktu sekitar 3 windu atau 24 tahun. Pada tahun 1987, candi ini selesai dipugar.

Candi ini memiliki letak yang cukup unik, yaitu berada 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah yang ada disekitarnya. Komplek candi terdiri dari 1 buah candi induk dan 3 buah candi pendukung. Di lokasi ini juga terdapat 8 buah lingga patok yang tersebar sesuai penjuru arah mata angin.

Di dalam bilik utama Candi Sambisari dapat ditemukan lingga dan yoni yang cukup besar. Keberadaan lingga dan yoni ini menunjukkan bahwa candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Shiwa.

Di kawasan candi ini juga tersedia museum mini. Museum ini akan memberikan pengetahuan bagi wisatawan tentang sejarah Candi Sambisari. Di dalam museum ini, pengunjung juga dapat melihat arca, batuan, dan juga foto sebelum candi ini ditemukan.

2.Keunikan

Bangunan candi ini memiliki daya tarik sendiri, keunikan yang dimilikinya sungguh menawan. Candi sambisari Jogjakarta merupakan bangunan yang bagian bawahnya tidak memiliki alas seperti candi-candi pada umumnya yang terletak di jawa. Kaki yang dimiliki candi berfungsi sebagai alas sehingga dapat sejajar dengan tanah. Disengaja kaki candi ini dibiarkan polos tanpa adanya relief. Berbagai macam hiasan simbar akan kita temui pada bagian tubuh candi hingga pada bagian puncak candi.

3.Keindahan

Keindahan yang dimiliki candi adalah dahulu seperti puzzle raksasa. Dengan kerja keras para arkeolog yang telah berusaha keras untuk menyusun kembali candi ini sepotong demi sepotong agar menjadi sebuah kelestarian yang dapat dinikmati sebagai kebudayaan agung dimasa dahulu. Sehingga terbentuklah sebuah candi yang begitu megah.

4.Lokasi

Candi ini terletak di dusun Sambisari, desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan dalam kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lebih tepatnya terletak sekitar 10 km dari Yogyakarta atau jika dari sebelah barat candi prambanan sekitar 5 km.

5.Rute dan Tiket Masuk

Tiket masuk candi sangatlah bersahabat, hanya di bebankan Rp.2000,- setiap orang. Sedangkan rute untuk masuk ke lokasi sangatlah mudah, jalanan sudah beraspal, sehingga mudah ditempuh baik dengan bersepeda motor maupun mobil. Bahkan tempat parkir juga disediakan sangat luas, sehingga akan memudahkan pengunjung meletakkan kendaraannya. Jika anda masuk ke lokasi, akan menemui sebuah papan informasi yang dipenuhi dengan foto-foto selama penggalian dan rekontruksi yang dilakukan disekitar candi.

6.Cara Masuk Dengan Kendaraan Umum

Jika menggunakan transportasi umum, silahkan mengambil rute bus jogja, solo dari Janti kemudian berhenti di jalan Yogya-Solo KM 10, dan jangan lupa memperhatikan tanda jalan. Kemudian anda melanjutkan perjalanan dengan mengendarai ojek, perjalanan akan ditempuh sekitar 2 KM. Maka anda akan sampai di Lokasi.

7.Cara Masuk Dengan Kendaraan Pribadi

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, menuju rute timur menuju Solo. Setelah sampai Jogja-Solo pada KM 10. Anda akan menemukan jalan yang menunjukkan arah menuju candi Sambisari Jogjakarta kemudian belok kiri. Lurus terus sampai 2 KM, dan anda akan sampai di lokasi.

Ayo segera rencanakan liburan anda dengan baik dan masukkan candi sambisari Jogjakarta dalam salah satu list untuk dikunjungi. Dijamin bakal terpesona dengan keindahan dan keunikan yang ditawarkannya. Terlebih jika anda berkunjung bersama keluarga, akan terasa semakin menyenangkan.

8. Tempat Wisata Dan Lokasi Menarik Di Sekitar Candi Sambisari

Warung Saoto Bathok Mbah Katro

Jogja Bay Waterpark

Candi Sari

Candi Kalasan

di jogja memang banyak hal yang bisa anda lakukan, dan jika anda membutuhkan kendaraan anda bisa sewa mobil alphard. dan di jogja juga sama seperti Sewa mobil di lombok, anda bisa memilih berbagai jenis mobil yang akan anda sewa.

Check Also

Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta Candi Kalasan – Sejak zaman dahulu, Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »