Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Jogja » Wisata Candi » Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Eksotisme Istana Candi Ratu Bokocandi ratu boko

Candi Ratu Boko, Candi yang tidak kalah indah dengan candi lainnya. Candi Ratu Boko adalah tempat yang tepat untuk menikmati sunset. Candi ini juga pernah menjadi tempat shooting Film AADC (Ada Apa Dengan Cinta.

Lokasi

Berada di 3 km sebelah selatan candi Prambanan, komplek situs Ratu Boko merupakan salah satu situs yang terletak di atas bukit dengan ketinggian hampir 200 m dari permukaan laut & menempati area sekitar 250.000 m2, dengan lokasi administratif di dukuh Dawung & dukuh Sumberwatu kecamatan Prambanan kabupaten Sleman.

Sejarah

Candi Ratu Boko diperkirakan dibangun pada abad 8 , diduga situs ini merupakan bekas istana raja, bukan merupakan candi atau sebagai tempat untuk bersembahyang seperti candi Prambanan ataupun Borobudur.
Terbagi menjadi beberapa lokasi diantaranya gerbang utama, lapangan, tempat kremasi atau pembakaran jenazah, belik atau sumber mata air. Belik tersebut sekarang digunakan umat Hindu mengambil air yang digunakan sebagai ritual tawur agung pada saat Nyepi. Paseban atau ruang tunggu tamu, pendopo, kompleks keputren dan juga goa. Ada 2 goa yang terdapat di kompleks yaitu goa lanang (putra) dengan ditemukannya relief lingga atau simbol kejantanan dan juga goa wadon (putri) dengan relief yoni atau simbol kewanitaan. Terdapat juga sisa runtuhan benteng yang menjelaskan bahwa jaman dahulu, benteng dibangun sebagai penahan serbuan atau gempuran dari pihak lain.

Akses

Untuk menempuh lokasi Candi Ratu Boko bisa menggunakan kendaraan roda 2, roda 4 sampai bus besar. Shuttle pun disediakan oleh pihak pengelola dengan rute Candi Prambanan-Ratu Boko PP.

Jam Buka dan HTM

Harga tiket reguler Candi Ratu Boko yaitu IDR 25.000 untuk wisatawan domestik, dari jam 06.00-15.00. Tiket sunset seharga IDR 70.000 dari jam 15.00-17.30.

Dengan pengelola yang masih satu manajemen dengan candi Prambanan & Borobudur maka tiket terusan pun disediakan dengan harga IDR 50.000 untuk tiket terusan Prambanan-Ratu Boko atau Borobudur-Ratu Boko dan juga Borobudur-Prambanan.

Waktu terbaik jika berkunjung ke Istana Ratu Boko adalah sunset time (seperti terlihat pada gambar). Sedikit tips dari kami jika anda ingin berhemat untuk menyaksikan sunset Ratu Boko yang menjadi andalan, datanglah sebelum jam 15.00 karena anda masih dikenai tiket reguler. Walaupun pastinya akan menunggu sedikit lama untuk menyaksikan matahari terbenam. Suasana yang tenang damai sangat pas untuk anda yang merindukan kesunyian yang menenteramkan hati. Ditambah panorama luas yang terbentang tak berbatas membuat imajinasi anda akan semakin bebas.

Check Also

Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan Yogyakarta Candi Kalasan – Sejak zaman dahulu, Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »