Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Makanan Khas » Bakpia Pathok Oleh-Oleh Khas Jogja

Bakpia Pathok Oleh-Oleh Khas Jogja

Bakpia Pathok Oleh-Oleh Khas Jogja

Bakpia Pathok merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Hampir semua orang menyukai bakpia dan menjadikan bakpia sebagai oleh-oleh ketika berkunjung di kota Yogyakarta. Bakpia sendiri adalah kue yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus oleh tepung kemudian di oven. Terdapat dua jenis bakpia, yaitu bakpia basah dan bakpia kering, perbedaannya yaitu di kulit pianya. Perbedaanya yaitu sesuai namanya bakpia basah kulitnya cenderung basah dan sebaliknya bakpia kering kulitnya cenderung kering/crispy. Untuk daya tahannya lebih tahan bakpia kering yaitu 3 sampai 14 hari tergantung pada isian bakpianya, karena hampir semua isian bakpia tidak menggunakan bahan pengawet.

Makanan bakpia diadopsi dari orang-orang Chinese yang tinggal di daerah Pathuk (belakang Malioboro). Pada zaman dahulu isian bakpia bukan kacang hijau melainkan daging babi. Bakpia berasal dialek Hokkian, Bak artinya daging babi dan Pia artinya kue. Tetapi pada saat itu di Yogyakarta sedang berkembang agama Islam maka dari itu isian dari pia tersebut diganting dengan kacang hijau agar semua orang dapat memakannya. Dan pada zaman itu masyarakat belum mengenal merk, mereka menandainya dengan nomer rumah mereka, seperti Bakpia 75, bakpia 25, dll.

bakpia pathok

Namun seiring berkembangnya kuliner maka varian isi bakpia semakin bermacam-macam, seperti isi keju, coklat, susu, greantea, capucino dan lainnya. Merknya juga bermacam-macam Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Merlino, Bakpia Citra Premium,dll. Harganya juga bervariasi mulai dari 25ribu sampai 50ribu per kotak.

 

Check Also

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto Mangut Lele Mbah Marto menjadi salah satu menu yang wajib dicoba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »