Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Slide background
Home » Wisata Kuliner » Rumah Makan » Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung

ayam goreng mbah cemplungAyam goreng memang menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Di Jogja terdapat beberapa rumah makan ayam goreng yang menjadi favorit para pecinta kuliner. Selain ayam goreng Suharti ada ayam goreng mbah Cemplung yang tidak kalah enaknya. Sama-sama menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama namun dalam penyajian dan rasa berbeda.  Ayam goreng Suharti di goreng kering kremes, kalau ayam goreng mbah cemplung sebelum di goreng direbus dahulu dengan bumbu rahasia turun temurun. Mbah cemplung juga menggunakan ayam kampung liar.

Nama mbah cemplung diambil dari nama pemilik rumah makan yang memiliki nama asli mbah Rejo yang tinggal di Desa Cemplung dekat dengan lokasi rumah makannya. Kemudian mbah Rejo memilih nama mbah cemplung yang berarti simbah dari desa cemplung. Walaupun lokasi rumah makan ayam goreng mbah cemplung tergolong jauh dari kota tetapi selalu rame pengunjung. Butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja menuju ayam goreng mbah cemplung. Di daerah Bantul dekat dengan pabrik gula madukismo, atau lebih tepatnya di Desa Sendang Semanggi, Kasihan, Bantul. Jalan menuju rumah makan ayam goreng mbah cemplung juga merupakan jalan alternatif menuju sentra kerajinan gerabah kasongan.

Ada beberapa orang yang tersesat saat mencari rumah makan ayam goreng mbah cemplung, namun ketika sudah sampai dan menyantap ayam gorengnya pasti akan terbayar sudah lelahnya.

Rumah makan ayam goreng mbah cemplung atau sering disebut juga ayam goreng jawa mbah cemplung memiliki konsep warung yang sederhana, desain klasik dan suasana pedesaan. selain itu masakan ayam gorengnya juga khas Jawa. Dapat mengobati kangennya suasana rumah dipedesaan.

Kalo masalah rasa jangan ditanya, ayam goreng mbah cemplungg sudah mendapat predikat “Pusat Peradaban Ayam Goreng Dunia” itu merupakan sebuah apresiasi dari para penggemar ayam goreng si mbah. Ayamnya empuk, manisnya pas dan gurih serta potongan ayamnya besar.  Terdapat dua pilihan sambal mateng dan sambal mentah, keuda sambal tersebut tentunya pedas dan enak. Untuk harga ayam utuh dihargai Rp. 110.000 – Rp. 180.000, dada & paha Rp. 20.000 –  Rp. 40.000. Buka mulai dari jam 08.00 sampai 19.00, jika ingin kesini diusahakan datang lebih awal untuk menghindari ayam goreng habis. Tempat parkir disini juga luas.

Check Also

Tiwul makanan khas Gunungkidul

Tiwul Makanan Khas Gunungkidul Tiwul makanan khas Gunungkidul merupakan makanan tradisional yang berbahan dasar ketela. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »